Kementerian PUPR Tinjau Proyek SPAM Umbulan, Desember Sudah Bisa Mengalir di Duduksampeyan Gresik

Bupati Gresik mendampingi Dirjen Kementerian PUPR meninjau Proyek SPAM umbulan.
Bupati Gresik mendampingi Dirjen Kementerian PUPR meninjau Proyek SPAM umbulan.

Gresik, blok-a.com – Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Diana Kusumastuti meninjau langsung Pekerjaan Pembangunan Jaringan Perpipaan untuk Percepatan SPAM Regional Umbulan Provinsi Jawa Timur di Manyar.

Ditargetkan pada bulan Desember air dari sumber mata air Umbulan, Pasuruan sudah bisa mengalir ke rumah warga.

Air Umbulan saat ini sudah bisa dinikmati warga Gresik yang berada di wilayah Kecamatan Kebomas dan Gresik Kota. Tahun ini diperluas hingga Kecamatan Duduksampeyan Gresik.

Rombongan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR datang ke Gresik pada Kamis (28/9/2023) siang, ditemui langsung Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, dan Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP) Gresik, Ida Lailatussa’diyah.

Progresnya sd September mencapai 77,670 persen dengan target Penyelesaian di Akhir Bulan Desember 2023.
Rombongan kemudian berjalan kaki menuju lokasi Pemasangan pipa HDPE diameter 630 mm metode HDD crossing jalan tol Surabaya – Gresik overpass Suci, Manyar.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI Diana Kusumastuti mengatakan, dengan adanya pemasangan pipa ini, air Umbulan yang memiliki debit air 4.000 liter per detik bisa menambah sambungan rumah di Gresik. Diharapkan bisa menambah 14.500 sambungan rumah, dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Oktober Insya Allah selesai, mudah-mudahan Desember air sudah bisa ngalir ke masyarakat,” ujarnya.

Ketika bulan Oktober pemasangan pipa telah selesai, akan dilakukan flushing kemudian tes comisioning dan uji alir. Paling lambat sampai bulan Desember. Setelah selesai semuanya, air bisa mengalir ke sambungan rumah.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengapresiasi Kementerian PUPR Dirjen Cipta Karya selalu memberikan perhatian kepada Pemkab Gresik dan masyarakat Gresik.

Pria yang akrab disapa Gus Yani menyampaikan ototmatis dengan adanya utilitas baru ini, terus akan menambah daya serapan sambungan pipa Perumda Giri Tirta.

“Insya allah tahun ini sudah selesai, reservoir di Bunder juga tuntas. Kita bisa mendorong air hingga ke Kecamatan Duduksampeyan. Kedanyang, Kebomas tahun ini sudah keluar airnya, Insya Allah Kecamatan Duduksampeyan. Saat ini progres pemasangan sambungan rumah, kami apresiasi dan terimakasih air ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Gresik,” ungkapnya.(ivn/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?