Malang Kerasa Panas Sekali? Ini Penjelasan BMKG

Ilustrasi cuaca panas.(Tim Wimborne/REUTERS)
Ilustrasi cuaca panas.(Tim Wimborne/REUTERS)

 

Kota Malang, Blok-a.com – Kota Malang diterjang terik matahari yang panas. Hal itu dirasakan usai peningkatan suhu yang signifikan.

Menurut Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika, Ahmad Luthfi menyebut memang hal itu dipicu banyak fenomena alam, salah satunya musim kemarau.

“Saat ini sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami musim kemarau, sehingga kondisi cuaca cerah masih cukup mendominasi pada siang hari,” ujar dia, pada (2/10/2023).

Hal itu juga dipengaruhi oleh kondisi cuaca cerah yang melanda di sebagian besar wilayah di pulau Jawa hingga Nusa Tenggara. Selain itu, minimnya pertumbuhan awan di siang hari menyebabkan sinar matahari langsung ke permukaan bumi tanpa adanya hambatan.

Berdasarkan data hasil pengamatan BMKG, suhu maksimum terukur memang cukup tinggi. Di pulau Jawa sendiri bisa mencapai 38 derajat celcius di siang hari. Tidak terkecuali di wilayah Jawa Timur sendiri yang disinari terik matahari ekstrim.

Kemudian, di akhir bulan September, posisi semu matahari bergerak ke selatan ekuator. Artinya wilayah Jawa hingga Nusa Tenggara mendapatkan dampak penyinaran matahari yang lebih intens dibandingkan wilayah lainnya.

“Wilayah Jawa Timur sendiri terdampak Indian Ocean Dipole (IOD) serta fenomena regional, seperti sirkulasi angin monsun Asia – Australia, daerah pertemuan angin antar tropis atau Inter Tropical Convergence Zone (ITCZ), dan kondisi suhu permukaan laut sekitar wilayah Indonesia,” bebernya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, memasuki awal bulan Oktober, suhu di Kota Malang bisa mencapai 30 derajat celcius ke atas di per pukul 01.00 WIB. Pukul 07.00 WIB masih di angka 21 hingga 23 derajat celcius.

Memasuki 19.00 WIB, suhu masih di angka 22 hingga 24 derajat celcius. Kadar air di awal bulan Oktober masih di angka 40 hingga 50 persen di siang hari.

Sementara memasuki pukul 19.00 WIB masih di angka 75 hingga 80 derajat celcius. Hal itu tidak jauh berbeda di penghujung bulan September yang semakin memanas. (mg2/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?