Ini Rekomendasi Wisata Air yang Cocok Segarkan Badan saat Musim Panas di Malang

Coban Rais salah satu spot camping di Kota Malang (ERC Trans)
Coban Rais salah satu spot camping di Kota Malang (ERC Trans)

 

Kabupaten Malang, Blok-a.comMusim panas seperti saat ini memang sangat cocok diisi dengan berwisata ke alam terbuka. Selain dapat merefreskan pikiran, wisata alam juga dapat menyegarkan tubuh saat cuaca panas.

Sebab, saat ini sebagaian besar wilayah Jawa Timur sedang dilanda cuaca panas yang cukup ekstream. Bahkan di beberapa daerah, suhunya mencapai 38 derajat celcius. Untuk itu, berwisata ke alamat terbuka menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu libur kalian saat musim panas.

Berikut sederet wisata alam di Kabupaten Malang yang cocok dinikmati saat musim panas, dijamin dapat menyegarkan badan dan fikiran.

1. Coban Rondo

Wisata Coban Rondo berlokasi di Jalan Coban Rondo, Dusun Krajan, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon.

Wisata air terjun ini berada di ketinggian 1.134 mdpl serta memiliki ketinggian air mencapai 84 m dengan debit air yang melebihi 90 L per detik. Sumber aliran air terjun ini berasal dari mata air di kaki Gunung Kawi yakni Cemoro Dudo.

Selain memiliki mata air yang jernih, destinasi wisata alam ini juga menyajikan berbagai spot wahana permainan menarik yang bisa kalin coba. Seperti menikmati serunya bermain di taman labirin, paintball, dan outbound.

Soal harga kalian tak perlu khawatir, untuk menikmati keindahan Wisata Coban Rondo kalian hanya butuh membayar tiket masuk sebesar Rp15 ribu setiap weekday.

Untuk weekend dan hari libur nasional harga tiket hanya Rp18 ribu. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara Rp30 ribu saat weekday dan Rp35 ribu saat weekend.

2. Sumber Sira

Wisata air sumber sira merupakan wisata alam dengan sumber air bening berwarna sedikit biru kehijauan. Wisata air ini menyerupai kolam renang, yang dikelilingi pepohonan hijau nan rindang.

Sangking beningnya, ikan ikan dan tumbuhan air tampak terlihat cantik memenuhi kolam dan terlihat dari permukaan air.

Tak hanya menyediakan sumber, wisata yang terletak di Jalan Sunan Kalijaga, Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi ini juga memiliki kolam renang anak, dan wahana yang terbarunya yakni kereta sawah.

Harga tiket yang dipasang relatif murah, yakni mulai dari Rp5 ribu perorangnya. Cukup murah bukan ? Dengan membayar Rp5 ribu kalian sudah dapat menikmati kesegaran wisata air di Sumber Sira saat musim panas seperti saat ini.

3. Coban Jahe

Wisata Coban Jahe berlokasi di Jalan Begawan, Dusun Krajan, Desan Krajan, Kecamatan Jabung.

Memiliki nama yang unik, namun apakah kalian tau artinya ? Nama Jahe sendiri bukan berasal dari tanaman jahe. Melainkan jahe berasal dari kata pejahe dalam Bahasa Jawa yang artinya meninggal dunia.

Wisata satu ini memiliki cerita sejarah yang cukup menarik, pada zaman penjajahan dahulu Coban Jahe dikenal sebagai tempat gugurnya pahlawan paling banyak.

Hal itu dapat kalian ketahaui melalui pintu masuk Coban Jahe. Kalian akan mendapati Taman Makam Pahlawan di pintu masuk coban yang dikenal terletak di Kecamatan Tumpang ini.

Selain memiliki cerita sejarah yang menarik, wisata air yang disuguhkan tak kalah cantik. Dengan akses yang cukup lebar dan terbilang mudah. Wisata Coban Jahe ini banyak menjadi tujuan wisata pelancong saat pergi ke Malang.

Meskipun memiliki akses yang cukup lebar, tapi kalian perlu berhati hati untuk mencapai titik air terjun. Kalian perlu melewati jalan yang masih berupa tanah dan sedikit bebatuan.

Namun jika sudah sampai, lelah kalian akan terbayarkan dengan cantiknya pesona air terjun Coban Jahe ini. Kesegaran air terjun yang disajikan dapat menyejukkan badan kalian saat musim panas seperti saat ini.

4. Coban Nirwana

Berlokasi di Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan. Letaknya tepat diperbatasan antara Kecamatan Gedangan dan Sumbermanjing Wetan, tepat di bawah jembatan penghubung antar kecamatan keduanya.

Coban Nirwana memiliki karakteristik yang unik, dengan air terjun yang bertingkat dan memiliki aliran yang cukup deras serta backgound belatar belakang air terjun yang bersusun membuat air terjun ini berbeda dengan air terjun yang lain. Sehingga banyak digandrungi oleh pelancong pecinta wisata alam.

Keindahan alam yang masih asri ini dapat menyegarkan mata maupun fikiran kalian, saat musim panas seperti saat ini.

Selain wisata alam, Coban Nirwana juga memiliki kafe-kafe yang akan memanjakan lidah kalian. Meskipun berada di lokasi yang jauh dari permukiman warga, kafe yang ada menyediakan berbagai macam makanan berat.

Rasanya pun cukup nikmat dengan harga yang masih terjangkau. Bahkan tiket masuk Coban Nirwana yang dibandrol juga cukup murah, mulai dari Rp10 ribu perorang di hari weekday dan Rp15 ribu perorang di hari weekend.

Berikut ketiga rekomendasi wisata alam di Kabupaten Malang, ketiga wisata tersebut dapat menjadi alternatif liburan kalian saat musim panas seperti saat ini. (ptu)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?