Hasil Semifinal Piala AFF Wanita 2023: Indonesia Kalah Telak Lawan Thailand

Pesepak bola Timnas Wanita Indonesia U-19 menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum pertandingan Semi Final AFF U-19 Women Championship 2023 melawan Thailand di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (13/7/2023). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.

Blok-a.com – Timnas Indonesia gagal melaju ke final piala aff usai kalah melawan Thailand di semifinal. Bermain di stadion Gelora sriwijaya, Palembang, Indonesia U-19 tepatnya kalah 1-7 dari laga semifinal yang berlangsung pada Kamis (13/7/2023) malam WIB.

Dalam laga tersebut, Timnas Putri Indonesia U-19 bermain dengan 10 pemain karena kartu merah yang didapatkan kiper Fani Supriyanto pada menit kelima.

Fani keluar dari sarangnya dan menghalau pemain Thailand di dekat kotak penalti. Wasit yang memimpin pertandingan langsung meniup peluit dan memberi kartu kuning, kemudian merah.

Tidak terima dikartu merah, Fani mencoba protes ke wasit. Namun keputusan wasit sudah tidak bisa berubah.

Pelatih Rudy Eka Priyambada kemudian harus merelakan striker andalanya diganti dengan penjaga gawang. Sejak saat itu, Thailand dapat bermain lebih leluasa.

Meski demikian, para pemain Timnas Putri Indonesia tak menyerah. Mereka masih mampu memberikan serangan terhadap Thailand. Meskipun di sisi pertahanan Indonesia sedikit mempunyai celah.

Jalannya Pertandingan



Pada menit ke-15 Thailand mampu membobol gawang Indonesia lewat tendangan Thawanrat Promthongmee dari dalam kotak penalti Indonesia usai meneruskan umpan silang dari rekannya di sisi kanan.

Pada menit ke-24 suporter Timnas Putri Indonesia di Stadion Jakabaring bersorak usai Claudia Scheunemann berhasil membobol gawang Thailand lewat tembakan keras dari luar kotak penalti. Indonesia imbangi Thailand 1-1.

Namun, empat menit kemudian Thailand mampu membobol gawang Indonesia lewat gol Anaphon Amanphong usai memanfaatkan kemelut di kotak penalti Indonesia. Thailand unggul 2-1 atas Indonesia.

Di menit ke-31, Thailand mampu memperlebar skor keunggulan menjadi 3-1 lewat sundulan Thawanrat Phomthongmee usai memanfaatkan umpan lambung Achiraya Yingsakul.


Hingga babak pertama berakhir tak ada gol lagi yang tercipta. Sementara, Thailand unggul 3-1 atas Indonesia.

Indonesia kembali kebobolan pada menit pertama babak kedua lewat gol Anaphon Amanpong lewat tembakan dari dalam kotak penalti Indonesia. Thailand unggul 4-1 atas Indonesia.


Kemudian di menit ke-52 Indonesia sejatinya memiliki peluang lewat sontekan Ayunda Dwi Anggraini. Sayangnya, sontekan Ayunda hanya membentur mistar gawang Thailand.


Pada menit ke-63 Thailand mampu menambah keunggulan menjadi 5-1 lewat gol Chattaya Pratumkul usai memanfaatkan peluang dengan baik setelah berdiri bebas di depan gawang Indonesia.


Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-70 lewat gol Thawanrat Phomthongmee usai tendangan datarnya tidak dapat dijangkau kiper Indonesia Shesilia Putri. Thailand unggul jauh 6-1 atas Indonesia.


Di menit ke-72 Helsya Maeisyaroh memiliki peluang di depan gawang Thailand. Namun lantaran kurang tenang peluang terbuang setelah tembakannya melenceng di sisi kanan gawang Thailand.


Pada menit ke-84 penyelamatan gemilang dilakukan Shesilia Putri usai memblok tembakan keras pemain Thailand.


Di menit ke-87, tendangan bebas Natcha Kaewanta berhasil membobol gawang Indonesia untuk mengubah skor menjadi 7-1. Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambaha tercipta. Indonesia kalah 1-7 dari Thailand.


Kemenangan ini membuat Thailand lolos ke final dan akan bertemu Vietnam pada laga puncak Piala AFF Wanita U-19 2023 di Stadion Jakabaring, Palembang, pada Sabtu (15/7) malam WIB.

Sedangkan, kekalahan ini membuat Indonesia gagal lolos ke final Piala AFF Wanita U-19. Namun Indonesia masih akan melakoni pertandingan perebutan peringkat ketiga melawan Myanmar di Stadion Jakabaring, Palembang, Sabtu (15/7) sore.

Berikut Susunan Pemain:

Timnas Putri Indonesia U-19 (3-2-4-1): Fani Supriyanto (GK), Helsya Maeisyaroh, Aulia Al Mabruroh, Nastasia Suci, Gea Yumanda, Claudia Scheunemann, Sheva Imut, Armelia Sava, Marsela Yuliana Awi, Siti Retno Sari, Mayzura Yusuf.

Cadangan: Ghadiza, Shesilia, Heselo, Armita, Ayunda, Azra, Ellen, Jasmine, Rana, Penila, Zaira, Zalta.

Pelatih: Rudy Eka Priyambada

Timnas Putri Thailand U-19: Chalisa; Parichat, Saranya, Supapron; Pichayatida, Thawanrat, Thanchanok, Achiraya; Nualanong, Anaphon, Chattaya. (mid)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?