Ilustrasi bola Argentina. (IStock Photo)
Ilustrasi bola Argentina. (IStock Photo)

Argentina Resmi Gantikan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

blok-a.com – Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) resmi menunjuk Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, menggantikan Indonesia yang sebelumnya dicabut statusnya.

“FIFA dengan bangga mengumumkan bahwa Piala Dunia U-20 FIFA edisi tahun ini akan bertempat di Argentina. Ketika rumah dari para juara dunia itu membuka pintunya untuk calon-calon bintang sepak bola dunia,” kata presiden FIFA Gianni Infantino dalam keterangan resminya, Selasa (18/4/2023).

Laga megah tersebut akan berlangsung 20 Mei hingga 11 Juni dan drawing ofisial akan digelar di Zurich pada 21 April nanti.

Sebelumnya, asosiasi sepak bola Argentina (AFA) mengajukan diri sebagai pengganti, menyusul dicabutnya status Indonesia sebagai tuan rumah Indonesia, pada Rabu (29/3/2023) lalu.

Baca Juga: PSSI: Indonesia Siap Bila Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Hal itu ditindak lanjuti oleh FIFA dengan terlebih dahulu melakukan inspeksi sejumlah stadion yang diusulkan dan infrastruktur pendukung negara Amerika Selatan itu pada pekan lalu.

Argentina merupakan negara paling sukses dalam sejarah Piala Dunia U-20 FIFA setelah memenangi turnamen tersebut sebanyak enam kali. Negara itu juga menjadi tuan rumah kompetisi tersebut pada 2001 silam.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada AFA dan khususnya kepada Presiden Claudio Tapia. Juga otoritas pemerintah setempat, atas komitmen mereka menggelar ajang yang luar biasa ini dalam pemberitahuan yang singkat,” kata Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Menurut Infantino, Piala Dunia U-20 memainkan peran kunci dalam upaya-upaya FIFA mempromosikan sepak bola muda ke seluruh dunia.

“Sejak 1977, turnamen ini telah melahirkan sejumlah pemain terhebat di dunia dalam beberapa dekade terakhir, termasuk Diego Armando Maradona, Lionel Messi, Paul Pogba, Erling Haaland, dan banyak lagi lainnya,” katanya.

Penetapan Argentina sebagai tuan rumah diharapkan mampu menginspirasi para punggawa muda sepak bola.

“Mendapati edisi tahun ini bertempat di negara yang hidup dan bernafas dengan sepak bola akan menjadi inspirasi yang sangat besar bagi para calon bintang,” ujarnya.

Seperti diketahui, FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia, usai muncul gelombang penolakan terhadap timnas Israel yang jadi salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023.

Katua PSSI Erick Thohir menyatakan bahwa ia sudah berusaha meyakinkan FIFA, termasuk dengan menyampaikan surat dari Presiden Joko Widodo. Namun keputusan FIFA soal pencabutan status tuan rumah Piala Dunia U-20 telah bulat.

Beruntung, FIFA tak memberikan sanksi berat atas pembatalan status Indonesia.

FIFA hanya merekomendasikan pembekuan dana bantuan untuk pengembangan sepak bola di Indonesia, FIFA Forward.

FIFA Forward 3.0 adalah kebijakan anyar FIFA yang diluncurkan pada Januari 2023, dan akan berlangsung sampai akhir 2026 yang bertujuan untuk menyediakan pendanaan bagi pengembangan sepak bola di negara-negara anggota FIFA.(lio)