2000 Bibit Pohon Pinus Ditanam di Dusun Baru, Kota Batu

img 20221215 wa0074
Caption: Aksi tanam pohon masyarakat Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, tanam 2000 pohon. (Doi / blok-a.com)

Kota Batu, blok-a.com – Aksi kolaborasi antara Perum Perhutani Divisi Regional Jatim bersama Polres Batu, TNI beserta serta masyarakat Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu tanam 2000 batang pohon Pinus.

Puluhan ribu pohon Pinus tersebut ditanam, dikatakan oleh Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jatim, Ahmad Sujaya salah satu tujuannya adalah untuk mengantisipasi terjadinya erosi yang berujung tanah longsor.

“Topografi wilayah Dusun Brau ini berada di kemiringan. Sehingga tanaman tegakan keras diperlukan untuk menahan agar air tidak melimpas ke bawah begitu saja,” jalasnya. Kamis (15/12/2022).

Aksi penanaman pohon ini, dikatakan Sujaya, sudah sejalan dengan gerakan bulan menanam pohon nasional (BMPN) pada bulan Desember. Hal itu ditegaskan dalam Kepres RI nomor 24 tahun 2008.

“Gerakan semacam ini bisa menggugah kesadaran masyarakat. Mudah-mudahan ini bisa menjadi kegiatan rutin. Karena pelestarian alam menjadi tanggung jawab bersama,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsudin SIK turut mendukung dan memberikan apresiasi atas aksi penanaman pohon oleh masyarakat, Polri, TNI juga pihak Perhutani.

“Sinergitas dengan masyarakat seperti ini, terbukti perlu kita lakukan. Bagaimana instansi bisa bergerak sendiri tanpa bantuan dan gerakan kolaboratif masyarakat? Maka komunikasi untuk menjaga lingkungan, dan hal baik lainnya wajib dipertahankan,” ucapnya dalam kata sambutan. (doi/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?