Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) (Unusa). (Dok. UNUSA)
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) (Unusa). (Dok. UNUSA)

Akreditasi Prodi Akuntansi Unusa Melejit, Unggul se-Indonesia

Surabaya, blok-a.com– Program studi (Prodi) strata -1 Akuntansi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) akreditasi dinyatakan unggul. Akuntansi Unusa masuk kelompok Prodi Akuntansi terbaik di Indonesia.

Hal itu sesuai keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (Lamemba), dalam Surat Keputusan Lamemba nomor 440/DE/A.5/AR.10/V/2023.

Hasil peningkatan akreditasi Prodi Akuntansi Unusa menjadi unggul ini membuat S1 Akuntansi Unusa, terbaik di antara perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

Dari data website lamemba.or.id, per tanggal 22 Mei 2023, misalnya, terdapat 5 Prodi S1 Akuntansi di Jawa Timur yang meraih peringkat unggul dari Lamemba, yakni Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Universitas Islam Malang, Universitas Jember, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya.

Wakil Rektor 1 Unusa, Profesor Kacung Marijan mengungkapkan, akreditasi unggul ini adalah peringkat akreditasi tertinggi bagi perguruan tinggi dan program studi.

Akreditasi program studi Akuntansi yang dilakukan Lamemba ini memakai sejumlah instrumen, salah satunyanya aspek daya saing internasional meraih peringkat unggul.

“Akreditasi itu adalah penilaian untuk menentukan kelayakan program studi berdasarkan standar nasional pendidikan tinggi. Dengan akreditasi Unggul pada Prodi Akuntansi, berarti telah melampaui standar nasional pendidikan tinggi, serta mutu akademik maupun non-akademik telah terjamin dengan baik. Prodi Akuntansi Unusa telah melampaui standar dan berdaya saing internasional,” ungkapnya.

Kacung Marijan mengungkapkan pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dari Prodi Akuntansi Unusa untuk tidak henti-hentinya meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian dan sarana dan prasarana.

Lebih khusus lagi, kerja keras itu terkait kinerja dan rekognisi tridharma para dosen, prestasi para mahasiswa, dukungan para alumni, serta jalinan kerjasama dengan mitra industri, asosiasi, pemerintah, dan sesama perguruan tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Capaian ini juga sekaligus menjadi tantangan bagi Prodi Akuntansi Unusa khususnya, dan Fakultas Ekonomi, Bisnis, dan Teknologi Digital Unusa untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang bersinergi dengan lembaga lain, seperti Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), guna mengembangkan profesi Akuntan Indonesia.

“Dengan demikian, para lulusan bisa diterima di pasar kerja dan mengembangkan semangat kewirausahaan,” tambahnya.(kim/lio)