Pemkot Batu Beri Toleransi ASN yang Belum Balik Mudik Hindari Macet

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai (kiri) saat halal bihalal usai apel dengan ASN Pemkot setempat di Balai Among Tani, Kota Batu, Rabu (26/4/2023). (Prokopim Setda Kota Batu)
Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai (kiri) saat halal bihalal usai apel dengan ASN Pemkot setempat di Balai Among Tani, Kota Batu, Rabu (26/4/2023). (Prokopim Setda Kota Batu)

Kota Batu, blok-a.com – Cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah berakhir pada Rabu (25/4/2023). Namun, Pemerintah Kota Batu masih memberikan toleransi bagi para ASN yang masih dalam perjalan mudik Lebaran untuk menghindari kemacetan.

“ASN yang masih melakukan perjalanan untuk menghindari kemacetan perjalanan mudik lebaran diberikan toleransi. Sehingga, diharapkan bisa beraktivitas kembali dengan sehat dan selamat,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai usai apel dan halal bihalal ASN di Balai Among Tani, Kota Batu, Rabu (26/4/2023).

Aries pun mengingatkanĀ ASN di lingkungan Pemkot Batu semakinĀ meningkatkan pelayanan kepada masyarakat usai libur Lebaran 2023.

“Seluruh ASN untuk menjadikan momen hari pertama aktivitas di kantor setelah libur Idul Fitri 1444 Hijriah, menjadi momen untuk menjadi semangat baru dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Aries.

Pada kesempatan tersebut, ia juga meminta para ASN untuk melakukan introspeksi terkait pelayanan yang selama ini diberikan kepada warga Kota Batu.

Menurut dia, langkah introspeksi diri tersebut penting untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangan kinerja masing-masing unit kerja pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, sehingga ke depan dapat memberikan pelayanan terbaik.

“Ini juga menjadi sarana introspeksi diri terhadap kinerja masing-masing sehingga ke depan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Diketahui, Pemerintah secara resmi telah mengubah jadwal cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah pada 19 April hingga 25 April 2023.

Perubahan penetapan hari libur nasional dan cuti bersama 2023 tersebut merupakan tindak lanjut kesepakatan yang tertuang dalam Surat Keputusan Bersama atau SKB 3 Menteri 2022, tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023.

Namun, Presiden Joko Widodo mengeluarkan imbauan bagi ASN, TNI/Polri dan pegawai swasta untuk menunda perjalanan kembali ke kota setelah 26 April 2023, dengan memperpanjang cuti lebaran.

Imbauan tersebut bertujuan untuk menghindari puncak arus balik yang diperkirakan terjadi tanggal 24 dan 25 April 2023, guna mencegah penumpukan kendaraan.(lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?