Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Pelaku Usaha, Bupati Bojonegoro Buka EXPO UMKM 2023

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awannah tampak dalam pembukaan EXPO UMKM 2023.
Bupati Bojonegoro Anna Mu'awannah tampak dalam pembukaan EXPO UMKM 2023.

Bojonegoro, blok-a.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam rangka menyongsong Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro ke-346 melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro menggelar EXPO UMKM 2023 di Gofun Entertaiment Complex.

Expo UMKM dibuka Kamis (31/8/2023) ini dan akan berakhir pada Jumat (15/9/2023) ini.

Sebanyak 175 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan industri kreatif bersinergi menunjukkan kreatifitasnya dalam expo ini.

Expo bertemakan “UMKM sebagai potensi pembangunan berkelanjutan” ini dibuka langsung oleh Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah di Halaman Gofun Entertaiment Complex.

Hadir dalam acara itu Forkopimda Kabupaten Bojonegoro, Owner Gofun Entertaiment Complex, Camat se-Kabupaten Bojonegoro dan Kepala OPD lingkup Pemkab Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awannah tampak dalam pembukaan EXPO UMKM 2023.

Pembukaan dimeriahkan pertunjukan Tari Thengul Nusantara dan semakin menarik perhatian ketika 28 produk unggulan dari 28 kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro diperagakan oleh para pragawati.

Rangkaian pembukaan expo juga menampilkan hiburan kearifan lokal di masing-masing kecamatan. Dalam expo ini masyarakat dapat menyaksikan dan berbelanja secara langsung.

Dalam sambutannya, Anna Mu’awanah mengapresiasi upaya Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pelaku usaha serta pelaku ekonomi kreatif dalam mengembangkan bisnis.

“Jika tahun ini ada 175 UMKM di 28 Kecamatan, ke depan kami menantang dinas terkait untuk menambah dan meningkatkan jumlah serta kualitas UMKM dan produk yang mengikuti expo ini,” tandas Bupati Anna.

Selain dari pada itu, Pemkab Bojonegoro terus berupaya mendukung peningkatan kualitas UMKM di Kabupaten Bojonegoro.

Beberapa program telah diluncurkan Bupati Bojonegoro dalam menyukseskan capaian tersebut, seperti subsidi bunga rendah melalui BPR dan program bantuan lain.

“Akses informasi juga harus kita buka. Selain itu, akses permodalan. Pemkab memiliki BPR. Melalui BPR masyarakat mendapatkan akses permodalan. Jangan gunakan cara singkat dan kurang tepat. Misal tidak menggunakan badan usaha yang benar. Kita harus kerja sama antara pemerintah dengan swasta agar mendukung ekonomi bisa maju,” imbuh Bupati.

Bupati Anna juga berterima kasih pada jajaran forkopimda, seluruh OPD, camat dan pihak pengusaha baik swasta, BUMN dan BUMD. “Sebab, stakeholder terkait tersebut memiliki tugas pendampingan dan pemberdayaan masyarakat. Pencapaian pemerintah ialah bukti kerjasama semua pihak,” pungkasnya. 

Usai membuka secara resmi kegiatan tersebut, Bupati Bojonegoro meninjau stand masing-masing UMKM didampingi Forkopimda dan Owner Gofun.(sil/lio/adv)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?