Viral, Imam Besar Madinah Sindir Jamaah Indonesia Gemar Selfie saat Ibadah

imam besar Madinah
Tangkapan layar video dakwah imam besar di Madinah Syaikh Prof. Dr. Sulaiman Ar-Ruhaili

Blok-a.com – Viral di media sosial sebuah video dakwah imam besar di Madinah yang menyinggung jamaah haji asal Indonesia suka selfie saat beribadah.

Sindiran tersebut dilontarkan oleh seorang imam besar Madinah yang diketahui bernama Syaikh Prof. Dr. Sulaiman Ar-Ruhaili. Cuplikan video dakwah imam tersebut di unggah oleh akun Tiktok @edy_hermawan89.

“Memalukan! Imam masjid madinah sindir jamaah asal Indonesia tukang bohong, ibadah cuma buat selfie,” demikian keterangan dalam unggahan itu.

https://www.tiktok.com/@edy_hermawan89/video/7228158103097724187?q=edy_hermawan89&t=1683172834214

Video tersebut sebetulnya merupakan video lama yang kali pertama mengemuka pada tahun 2021 lalu. Namun video itu kembali viral dan jadi perbincangan di media sosial.

Dalam video itu, Syekh Prof. Dr. Sulaiman Ar-Ruhaili menyindir beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan oleh jemaah haji dan umrah, termasuk mereka yang berasal dari Indonesia.

Salah satu yang membut sang ulama besar heran adalah kebiasaan selfie yang dilakukan oleh jemaah. Bahkan, beberapa jemaah asal Indonesia disebut oleh Syekh Prof. Dr. Sulaiman Ar-Ruhaili suka sekali berselifie sembari memperlihatkan dirinya tengah beribadah atau berdoa.

“Meskipun sedang berada di masjid Nabawi, ketika Khatib sedang ceramah,” ujar Syeikh Sulaiman sembari menunjukkan gaya jemaah sedang selfie.

Tidak hanya menyindir soal lebih sibuk berselfie, Syekh Sulaiman Ar-Ruhaili juga menyindir gaya para jamaah haji dan umrah asal Indonesia yang tukang bohong.

“Permisi, tolong fotokan diriku,” ucapnya sembari membentuk gestur orang yang sedang berdoa dengan menengadahkan tangan.

Sang ulama besar itu juga menyebut bahwa itu adalah sebuah kebohongan lantaran para jemaah tersebut tidak benar-benar berdoa dan sengaja meminta tolong pada rekannya untuk difoto seolah-olah berdoa.

“Dia berbohong, karena itu hanya pura-pura berdoa,” sambungnya.

“Tapi kalau pulang ke Indonesia, mereka pajang dan pamerkan ke semua orang seolah-olah sedang berdoa di Masjid Nabawi,” katanya.

Sebagai informasi tambahan, Syaikh Sulaiman Ar-Ruhaili merupakan salah satu ulama besar sekaligus pengajar pascasarjana di Universitas Islam Madinah. Ia juga menjadi Guru Besar untuk fatwa di Jami’ah Islamiyah.

(hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?