Perkemahan Selangor Malaysia Longsor, Korban Tewas Capai 23 Orang

Longsor menutupi area perkemahan di Selangor, Jumat (16/12).(REUTERS/LAI SENG SIN)
Longsor menutupi area perkemahan di Selangor, Jumat (16/12).(REUTERS/LAI SENG SIN)

blok-a.com Perkemahan Gohtong Jaya, Selangor, dilanda longsor pada Jumat (16/12) sekitar pukul 02.24 dini hari. Tim penyelamat bergegas ke lokasi dan tiba sekitar pukul 03.04.

Data terkini korban tewas dalam insiden tersebut dilaporkan sebanyak 23 orang per hari ini, Sabtu (17/12). Termasuk di antaranya anak-anak.

Direktur pemadam kebakaran dan penyelamatan negara bagian Selangor Norazam Khamis mengatakan, dua korban diyakini ibu dan anaknya dalam keadaan berpelukan terkubur di bawah tanah saat ditemukan.

Sementara sepuluh orang masih hilang setelah tanah longsor melanda perkemahan di Batangkali pada Jumat (16/12) pukul 2.42 waktu setempat.

Seperti dilansir dari AFP, Sabtu (17/12), beberapa bulan terakhir, Malaysia kerap diguyur hujan deras. Tanah longsor di Malaysia disebut karena dipicu curah hujan yang tidak biasa diduga karena perubahan cuaca. Fenomena alam ini biasa terjadi pada akhir tahun. Namun, tidak ada hujan lebat di wilayah Batangkali saat malam hari.

Kementerian Pembangunan Pemerintah Daerah (KPKT) Malaysia menjelaskan lebih dari 90 orang sedang tertidur lelap di tempat perkemahan ketika terjadi longsor.

Sejauh ini pencarian masih berlangsung dan memungkinkan bertambahnya korban jiwa.

Departemen Kebakaran dan Penyelamatan Malaysia turut membawa unit K-9 untuk mencari warga yang masih hilang. Selain itu, sebanyak 394 personel dari berbagai lembaga turut membantu operasi pencarian korban longsor. Sejumlah menteri juga meninjau lokasi kejadian pada pagi ini.(lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?