Megah dan Mengesankan, Ratusan Siswa SMAS Cor Jesu Tampilkan Art Performance tentang Wabah Pes di Kota Malang

Megah dan Mengesankan, Ratusan Siswa SMAS Cor Jesu Gelar Art Performance tentang Wabah Pes di Kota Malang
Megah dan Mengesankan, Ratusan Siswa SMAS Cor Jesu Gelar Art Performance tentang Wabah Pes di Kota Malang

Kota Malang, blok-a.comSiswa SMAS Cor Jesu Malang menggelar Art Performance sejak sore hingga malam Kamis (8/6/2023) kemarin.

Menariknya, art performance ini menggambarkan sejarah lahirnya Kota Malang saat wabah pes pada tahun 1911 hingga 1916.

Mereka pun nampak serius dan menghibur ratusan penonton dari orang tua yang hadir di lapangan basket.

Tata rias, busana serta akting sekaligus musik yang dimainkan membut art performance tersebut serasa megah dan mengesankan.

Kepala SMAS Cor Jesu Malang, Agatha Ariantini, M.Pd., M.Psi menjelaskan, seluruh aktor hingga pemain musik serta panitia semua dari siswa.

Dia menjelaskan, pagelaran seni sejarah ini merupakan bukti nyata apa yang para siswa pelajari selama pelajaran seni budaya.

“Perform kami ini sebetulnya adalah pentas dari hasil mata pelajaran seni budaya untuk kelas 10 dan kelas 11 dimana setiap tahun kami angkat tema tertentu, dimana tema tahun ini kami angkat Prahara di Tlatah Malang yang mengangkat wabah pes yang terjadi di tahun 1911,” ungkap Agatha Ariantini.

Menurut dia tema tentang wabah penyakit Pes tersebut sebenarnya akan ditampilkan pada tahun 2020 lalu, namun ditunda akibat pandemi Covid-19.

“Akhirnya tahun ini kami dapat menampilkan dan Art Performance ini memiliki makna tersendiri bagi kami di SMAS Cor Jesu karena yang pertama kegiatan ini merupakan hasil belajar siswa dan yang kedua ini untuk pendidikan karakter para siswa mengingat dalam pelaksanaannya kami tidak memakai jasa event organizer. Jadi semua ini kerjasama antara siswa dengan guru-guru,” ujar Agatha Ariantini.

Ketua Panitia Art Performance 2023 SMAS Cor Jesu Malang, Fransiska Yuni Arisandi, M.Pd. menjelaskan sebanyak 215 siswa akan tampil dalam pagelaran Art Performance Prahara Di Tlatah Malang yang berasal dari siswa seni rupa sebanyak 86 orang, siswa seni suara sebanyak 37 orang, siswa seni tari 35 orang dan siswa seni teater sebanyak 25 orang siswa.

“Jadi para siswa yang tampil ini adalah siswa kelas X dan kelas XI SMAS Cor Jesu Malang. Selain itu ada juga penampilan dari para siswa TK, SD dan SMP yang ada di lingkungan Cor Jesu Malang,” ujar perempuan yang akrab disapa Sisca ini. (bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?