Ladies Must Know, Ini 5 Kandungan Skincare untuk Perkuat Skin Barrier

Skincare
Foto: Grazia Daily

BLOK-A – Kulit kita terdiri dari beberapa lapisan yang memiliki fungsinya masing-masing. Salah satunya adalah skin barrier, yang merupakan lapisan kulit terluar. Skin barrier berfungsi dalam mencegah polusi, bakteri, dan irritant lain masuk ke dalam kulit.

Tak hanya itu, skin barrier juga memainkan peran penting untuk menjaga kadar kelembapan kulit kita lho. Meski demikian, skin barrier juga gampang rapuh dan rusak. Kerusakan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan cuaca ekstrem, eksfoliasi berlebihan, penggunaan pembersih yang terlalu keras dan bersifat basa, hingga faktor usia.

Jika masalah ini muncul, tentu kita ingin segera memperbaikinya agar kembali baik. Nah, apabila kamu termasuk yang ingin memperbaiki ataupun memperkuat skin barrier yang ada pada kulit, coba gunakan ingredients berikut ya.

1. Ceramide

Sebenarnya secara alami kulit kita memiliki ceramide untuk melindungi kulit, namun ceramide juga diproduksi secara sintetis dan kerap ditambahkan dalam produk skincare. Jika skin barrier dalam keadaan rapuh, menambahkan ceramide dari luar kulit tentu akan sangat membantu. Ceramide akan membantu memperkuat skin barrier serta membantu menjaga kelembapan kulit.

2. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengikat molekul air, sehingga menjadikan kulit senantiasa lembap. Selain itu, hyaluronic acid juga membantu pembentukan kulit baru yang lebih sehat. Sehingga tentu saja bahan ini sangat cocok digunakan untuk membantu kembali melembapkan kulit yang kering dan dehidrasi akibat rusaknya skin barrier.

3. Niacinamide

Siapa yang tak kenal niacinamide, bahan multifungsi yang menjadi andalan banyak orang dalam perawatan kulit. Selain bagus sebagai antiinflamasi dan mencerahkan kulit, niacinamide atau vitamin B3 ternyata juga berfungsi untuk membantu pembentukan ceramide dalam kulit, lho. Karena itu, tentu niaciamide juga bagus untuk memperkuat skin barrier.

4. Peptide

Peptide dikenal sebagai bahan yang membantu meningkatkan produksi kolagen, karena itu peptide sering digunakan dalam produk skincare anti-aging. Dilansir dari Female Daily, Sabtu (13/2), peptide merupakan skin-restoring ingredient sebagai bagian protein aktif yang fungsinya mendorong produksi kolagen dan meminimalisir kerutan pada kulit.

Cara kerja peptide bisa dibilang cukup unik, yaitu mengirimkan “sinyal” pada sel kulit untuk menghasilkan kolagen yang hilang. Maka dari itu, produk dengan bahan peptide juga bagus untuk memperkuat skin barrier yang rapuh karena faktor usia.

5. Cholesterol

Cholesterol identik dengan efek buruk bagi kesehatan, bukan? Namun ternyata, kulit sendiri secara alami memiliki kolesterol untuk melindungi dirinya. Jadi, kolesterol memiliki manfaat yang baik untuk kulit.

Akan tetapi, penggunaan nama ‘cholesterol’ dalam produk skincare masih cukup jarang. Manfaat cholesterol untuk kulit bisa didapatkan dari produk-produk dengan kandungan NMF (natural moisturizing factors) atau dengan klaim “lipid restore”.

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?