Jembatan Gladak Perak Perlintasan Malang-Lumajang Hampir Jadi

jembatan gladak perak
Tangkapan layar video pembangunan Jembatan Gladak Perak Lumajang yang hampir jadi (foto: Twitter/@info_semeru)

Blok-a.com – Pembangunan Jembatan Gladak Perak yang menjadi perlintasan Malang-Lumajang dikabarkan sudah hampir jadi.

Hal tersebut diketahui melalui sebuah unggahan video di akun Twitter @info_semeru pada Kamis (2/2/2023).

“Dududuuuh… jembatan gladak perak perlintasan Malang – Lumajang sudah hampir selesai… Pasti rekan² sudah tidak sabar ingin melintasi jalur besuk koboan (piket nol) lumajang… Semoga segera bisa di lintasi ya….,” tulis @info_semeru dalam keterangan unggahannya.

Dalam video yang berdurasi sekitar 30 detik, terlihat kondisi jembatan Gladak Perak sudah hampir jadi. Para pekerja yang membangun jembatan itu terlihat melakukan senam bersama.

Jembatan ini diketahui akan menjadi jembatan rangka baja terpanjang di Indonesia dengan panjang 140 meter, lebar rangka 12 meter dan lebar aspal 7,5 meter.

Sebagai informasi tambahan, Gladak Perak merupakan akses yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dengan Malang. 

Jembatan ini sempat hancur akibat erupsi lahar Semeru pada 4 Desember 2021. Akibatnya, jalur antara dua Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang pun ikut terputus, beberapa kendaraan bermotor memilih memutar melalui Probolinggo.

Pemerintah kemudian menginisiasi pembuatan jembatan gantung di kawasan tersebut. Jembatan gantung ini hanya boleh di lintasi kendaraan roda dua saja.

Jembatan gantung ini sebelumnya sudah bisa difungsikan, tapi akibat lahar Gunung Semeru pada 4 Desember 2022 mengakibatkan tidak lagi bisa. Apalagi jalan menuju ke Gladak Perak longsor.

(hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?