Ini Kisah Mahasiswa FH UB yang Jadi Ajudan Milenial Ridwan Kamil, Temani Masa Akhir Jabatan

 

Kota Malang, Blok-a.comMahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB) Alverian Devara, mencuat ke publik berbarengan dengan nama Ridwan Kamil. Ya, lelaki berusia 23 tahun itu telah menjadi ajudan milenial, dalam masa kerja Ridwan Kamil menjadi gubernur Jawa Barat.

“Awalnya dari program Jabar Future Leader ini yang sudah berjalan 5 tahun lamanya,” jelas Devara pada awak media, pada (21/9).

Mahasiswa semester 5 ini mendaftar pada tahun 2023. Mahasiswa UB menemani masa-masa akhir jabatan Ridwan Kamil sebelum lengser baru-baru ini. Sebelumnya, dia sudah mengetahui program tersebut sejak awal masa jabatan Ridwan Kamil melalui kan instagram. Namun, dia menyebut masih belum percaya diri untuk mendaftar karena merasa masih belum memiliki banyak pengalaman.

“Jadi selama dua tahun itu saya mantapkan pengalaman saya dalam bidang hukum dan pariwisata,” beber dia.

Lapisan pariwisata menjadi hal penting baginya untuk menjadi pendamping Ridwan Kamil. Pasalnya, Jawa Barat sedang getol mengangkat sisi pariwisata pada kala itu.

“Jadi menjadi ajudan harus cakap untuk memahami soal pariwisata,” ujar Devara.

Sisi pariwisata itu diangkat dalam essay miliknya yang dikirimkan ke Jabar Future Leader. Semuanya dikerjakan secara otodidak sehingga dia tidak menyangka terpilih menjadi ajudan politikus Golkar itu.

Setelah diterima, banyak hal yang harus dia kejar sebagai ajudan. Salah satunya adalah mengenal semua pejabat di Jawa Barat, dan rekan kerja gubernur.

Sebagai ajudan di masa akhir jabatan, Devara banyak mengurusi meja kerja Ridwan Kamil dari sisi administrasi. Mulai dari pagi hingga malam, dia juga menemani Ridwan Kamil untuk melakukan berbagai kunjungan kerja.

“Contohnya kayak rapat, nah kita harus tahu kebutuhan kita rapat apa aja, nah itu notulennya apa aja,” ungkap lelaki tinggi itu.

Usai kembali ke Malang, Devara menyebut masih menyimpan perasaan antusias atas beragam ilmu yang didapatkannya dari pengalaman itu.

“Pesan saya untuk Ridwan Kamil, dimana pun berada atau kalau bertugas kembali menjadi apa, semoga senantiasa dilimpahi keberkahan,” tukasnya. (mg2/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?