Guyubnya, Warga Legok Kepanjen Potong Hewan Kurban Terbanyak

Warga Dusun Legok Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang memotong dagung hewan kurban (blok-a/Putu Ayu Pratama S)
Warga Dusun Legok Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang memotong dagung hewan kurban (blok-a/Putu Ayu Pratama S)

Kabupaten Malang, Blok-a.com – Dikenal sebagai masjid dengan jumlah hewan kurban terbanyak di wilayah Kecamatan Kepanjen, Masjid Jami Nurul Huda sembelih puluhan hewan kurban pada perayaan idul adha 2023.

Antusias jemaah masjid yang terletak di Dusun Legok, Desa Sukoraharjo sambut Hari Raya Idul Adha cukup tinggi.

Ratusan panitia di Dusun Legok Kecamatan Kepanjen pun bersiap bergotong royong untuk menyembelih, hingga membantu proses pengantaran daging hewan kurban ke rumah rumah warga.

Dalam proses penyembelihan, hewan kurban terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan secara fisik oleh dokter hewan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang.

Setelah dinyatakan sehat, hewan kurban selanjutnya disembelih oleh empat blantik yang telah disiapkan oleh panitia kurban.

Ketua pantia kurban, Poniran mengatakan, pada hari raya idul adha tahun 2023, Masjid Jami Nurul Huda menyiapkan puluhan ekor kambing dan belasan ekor sapi untuk selanjutnya dibagian ke warga sekitar.

Masjid Jami Nurul Huda
Masjid Jami Nurul Huda Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang (blok-a/Putu Ayu Pratama S)

“Total kambing kurban sebanyak 57 ekor, ditambah kambing aqiqah 10 ekor dan sapi sebanyak 12 ekor. Nantinya dibagikan untuk warga khusus untuk lingkungan Dusun Kegok terdiri dari dua RW dan 10 RT,” tutur Poniran saat ditemui Blok-a.com di lingkungan Masjid Jami Nurul Huda, Kamis (29/06/2023).

Dibandingkan tahun sebelumnya, lanjut Poniran, Masjid Jami Nurul Huda terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2022 lalu, menyembeli 36 ekor kambing sedangkan untuk sapi sebanyak 8 ekor.

“Alhamulillah setiap tahun ada peningkatan, hewan kurban hewan aqiqah semua ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas Poniran.

Warga Dusun Legok sedang sibuk memotong daging hewan kurban di Masjid Jami Nurul Huda (blok-a/Putu Ayu Pratama S)
Warga Dusun Legok sedang sibuk memotong daging hewan kurban di Masjid Jami Nurul Huda (blok-a/Putu Ayu Pratama S)

Rencananya, hewan korban tersebut tidak akan disembelih keseluruhan, namun akan dilakukan secara bertahap. Terlebih hewan kurban untuk aqiqah.

“Semua hewan kurban hari ini, tapi kalau yang aqiqah kan bisa disembelih kapan saja tidak harus hari ini. Jadi biasanya, setiap Jumat setelah salat jumatan disembelih untuk diberikan makan jemaah salat jumat,” sambungnya.

Tak hanya itu, kedepan jemaah masjid akan melakukan kegiatan sosial seperti santunan anak yatim dan dilanjutkan dengan makan bersama sebagai bentuk rasa syukur atas kelimpahan berkah.

Ditambahkan Poniran, rencananya setiap kepala keluarga akan menerima dua kilogram daging yang terdiri dari daging sapi dan kambing.

“Sebanyak kurang kebih 1.200 penerima nantinya, kemungkinan akan dibagikan sore hari karena untuk saat ini masih tiga sapi yang baru selesai disembelih. Selanjutnya akan dilakukan proses timbang dan dibagikan,” pungkasnya. (ptu/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?