Anggota DPRD Kota Malang Eko Hardiyanto Gelar Reses, Ini Aspirasi yang Diserap dari Warga

Caption : DPRD Kota Malang Melaksanakan Reses: Eko Herdiyanto Reses Di Kecamatan Blimbing Minggu (26/03/203) (Blok-a.com / Mike)
Caption : DPRD Kota Malang Melaksanakan Reses: Eko Herdiyanto Reses Di Kecamatan Blimbing Minggu (26/03/203) (Blok-a.com / Mike)

Kota Malang, blok-a.com– Gelaran reses anggota Komisi C DPRD Kota Malang Eko Herdiyanto tahun ini berbeda dari sebelumnya Minggu (26/3/2023) siang.

Bila sebelumnya terpusat di satu tempat dan jenis konstituenya, kini Eko mengadakan dialog di 2 lokasi di beberapa kelurahan di Kecamatan Blimbing dan terbagi 2 jenis konstituen.

Lokasi pertama terletak di Jalan Nakulo 107 Polehan dan lokasi kedua berada di Balai RW Polehan.

“Kami merencanakan untuk mengadakan diskusi di dua tempat berbeda dengan target partisipasi hingga 300 orang,” kata Eko Herdiyanto Minggu (26/3/2023) Pagi.

Selain di dua tempat berbeda juga, pada reses pertama Eko mengundang generasi milenial dan reses kedua mengundang Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ketua RW/RT, dan Lurah setempat.

“Kami ingin menciptakan forum kecil agar dialog yang terjadi dapat berlangsung dengan efektif.” ujar Eko.

Politisi dari PDI-P menyatakan bahwa dengan mengadakan dialog di dua tempat dan dihadiri dua jenis konstituem berbeda maka dapat mendengar dari dua sisi tidak hanya dari golongan Tomas, Toga, ataupun Ketua RW/RT melainkan generasi milenial juga.

Diundangnya generasi milenial ini juga dikarenakan generasi milenial merupakan generasi yang meneruskan bangsa ini dan diharapkan dapat memberi ide terbarukan.

Hal ini bertujuan agar waktu yang digunakan serta dalam berdialog dengan warga efektif.

Setelah melakukan kegiatan penyaringan aspirasi dari hari Selasa (21/3) hingga Kamis (23/3), Eko berhasil mengumpulkan beberapa masalah utama yang disampaikan oleh warga.

Misalnya masalah infrastruktur seperti kemacetan lalu lintas di kota Malang yang belum bisa terurai dengan maksimal seperti di Jalan Gajayana Dinoyo, sepanjang Ranu Grati, di Jalan Sulfat, di sepanjang Jalan Muharto, Jalan Kol Sugiono, Embong Brantas arah Rampal, Jalan A.Yani Utara.

Bilamana hujan deras beberapa jam saja sudah banyak titikĀ² lokasi yg tergenang air/banjir seperti di sekitar Jalan Galunggung, area Perum Sawojajar, Purwodadi GG III, sepanjang Jalan Soehatt, area Bareng, dll.

Pembagunan plengsengan di titik area DAS yang longsor untuk menghindari korban jiwa, dan koordinasi dengan BBWS Propinsi

Selain di bidang infrastruktur, Eko juga mendapat pertanyaan mengenai pemberdayaan UMKM.

“Dari permasalahan warga yang hadir maka saya akan mengusulkan agar memperlebar jalan & membuka jalan tembus baru, serta normalisasi drainase yg terintegrasi, dengan realisasi master plane drainase nya ketika pembacaan hasil reses Kamis (30/3/2023),” jelasnya.

Selain hal itu Eko juga mendapat permasalahan di bidang kesehatan masih banyak keluhan warga bahwa pasient yang dapat fasilitas BPJS terlayani opname di Rumah sakit negeri ataupun swasta di Kota Malang hanyadi batasi max 3 hari saja (harus pulang), padahal kondisi si pasient belum pulih.

Bidang pendidikan, memgenai PPDB regulasi nya lebih berorientasi kuantitas/bagi yang di terima semakin banyak untuk menerima siswa/i baru, karena kecenderungan banyak yang ingin masuk sekolah negeri yang bebas bea nya.

Serta perbanyak pelaksanaan pembangunan/proyek yang langsung melibatkan warga baik sebagai tukang, kuli dll.

“Aspirasi yang telah disampaikan pada reses ini akan saya sampaikan ke bidang-bidang atau dinas terkait agar bisa ditindak lanjut,” tandasnya. (mg1/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?