Mixue Ternyata Belum Punya Sertifikat Halal, MUI: Sedang dalam Proses

mixue
Instagram/mixuemalang

blok-a.com – Belakangan warganet tengah ramai mempertanyakan es krim viral Mixue yang memiliki ratusan cabang di Indonesia sudah memiliki sertifikat halal atau belum.

Pihak Mixue Indonesia pun angkat bicara dan membenarkan bahwa produk es krim dan teh yang mereka jual belum bersertifikasi halal.

“Saat ini memang benar Mixue belum memiliki sertifikat halal,” tulis manajemen Mixue di laman Instagram resminya, @mixueindonesia.

Meski begitu, Mixue menegaskan jika belum memiliki sertifikat halal bukan berarti produk tersebut haram. Mereka juga mengklaim es krim Mixue tidak mengandung alkohol, rum atau babi.

“Penyebaran informasi bahwa Mixue tidak halal merupakan tindakan yang menurut kami kurang bertanggung jawab dan sangat disayangkan,” kata manajemen.

Mixue mengatakan pihaknya sudah mengurus sertifikat halal kepada otoritas halal di China sejak 2021 awal. Namun hingga kini prosesnya belum selesai.

“90% bahan baku Mixue diimpor dari Negeri Tiongkok Mayoritas bahan baku Mixue di Indonesia saat ini diproduksi di Pabrik Mixue yang berstandar Internasional di Tiongkok. Sehingga proses konsultasi sertifikasi halal kami pada saat itu diajukan kepada Shanghai Al-Amin terlebih dahulu,” tulis penjelasan Mixue.

Selain itu, menurut manajemen, proses pengurusan sertifikasi juga sempat terhambat adanya pandemi Covid-19 dan lockdown di Tiongkok.

Saat dikonfirmasi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa Asrorun Niam Soleh menyatakan produk es krim Mixue sedang dalam proses pengurusan sertifikasi halal.

“Mixue sedang dalam proses sertifikasi,” ujar Asrorun saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (29/12/2022)

Asrorun memaparkan, audit es krim Mixue telah dijalankan oleh auditor dari Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Namun, masih ada beberapa bahan baku es krim yang membutuhkan pengecekan.

“Auditnya sudah selesai oleh Auditor LPH. Sedang menunggu sertifikat untuk beberapa bahan yang juga masih dalam proses,” jelas Asrorun.(lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?