Menikmati Gurihnya Tengkleng Daging Sapi di Kota Malang

img 20221216 wa0025
Tengkleng dengan daging sapi disajikan di Warung Mundu Spesialis Tengkleng Sapi dan Sate Gajah Kota Malang, Sabtu (17/12/2022) (blok-a.com/bob)

Kota Malang, blok-a.com – Tengkleng di Kota Malang ini bisa jadi menu makanan jika Anda bosan dengan menu ayam geprek, soto, atau nasi padang.

Sebab Tengkleng yang terletak di Jalan Mundu Kota Malang ini unik. Biasanya tengkleng disajikan dengan olahan daging kambing. Tapi tengkleng di warung bernama Warung Mundu ini tengklengnya menggunakan olahan daging sapi.

Menu tengkleng di sini juga menggiurkan. Sebab, potongan daging sapi di tengklengnya cukup besar. Oleh karena itu warung ini juga dinamakan Warung Mundu Spesial Tengkleng Sapi dan Sate Gajah.

“Sate gajah ini merupakan sebutan untuk sate yang kami sajikan, jika biasanya sate itu kecil-kecil, kita disini sediakan dengan daging sapi yang besar,” ungkap Arif pemilik warung, Sabtu (17/12/22).

Untuk tengkleng yang dihadirkan di warung Mundu ini seluruhnya adalah daging sapi pun demikian dengan satenya. Arif sengaja menghadirkan olahan daging sapi karena ingin beda dari biasanya.

“Semuanya daging sapi, baik tengkleng maupun satenya.Untuk kambing tidka kami sediakan,” kata Arif.

Untuk rasa yang dihadirkan di warung tengkleng sapi dan sate gajah ini jalan Mundu ini cukup nikmat, hampir tidak jauh berbeda rasanya dengan tengleng khas Solo, Jawa Tengah. Cara memasaknya pun dengan menggunakan anglo dan masih menggunakan pembakaran arang.

Masakan tengkleng sapi ini memiliki kuah yang segar dan gurih karena dibuat dari rebusan tulang iga sapi yang masih segar. Bumbu-bumbu rempah khas nusantara begitu terasa dan merasuk kedalam serat-serat daging iga sapi.

Untuk penyajian masakan tengkeleng dan tongseng, di warung Mundu ini menyajikan dengan cara yang cukup unik, tidak langsung di piring namun dengan menggunakan cobek kayu.

Tak hanya tengkleng, di warung Mundu ini juga tersedia menu tongseng daging sapi. Setidaknya ada 8 menu yang disajikan, mulai tongseng sapi dan tongseng ayam, tengkleng sapi, nasi goreng jawa, hingga sate buntel khas mundu.

“Kita sediakan 8 menu disini, ada tongseng, tengkleng, sate gajah hingga nasi goreng jawa,” kata Arif.

Untuk andalan di warung tengkleng Mundu ini, menurut Arif adalah tongseng dan tengkleng sapi serta sate gajah. Untuk harga yang ditawarkan di warung sate gajah dan tengkleng sapi Mundu ini cukup ekonomis, yakni mulai harga Rp 10 ribu hingga Rp 35 ribu.

“Untuk andalan disini ada tongseng dan tengkleng serta sate gajahnya itu,” kata Arif.

Antusias pengunjung di warung ini juga terbilang cukup asik. Terlihat meja dan tempat duduk telah ditempati oleh banyak orang yang sibuk menikmati sepiring tengkleng.

Salah seorang pengunjung, Viki Maulana yang datang jauh-jauh dari singosari Malang mengatakan jika dirinya seringkali berkunjung ke tempat ini bersama istrinya. Ia merasa tengkelng dan tongseng sapi yang disajikan sangat enak dan juga sangat ekonomis di ‘kantong’.

“Saya sering kesini, apalagi istri saya suka kuliner, saya sama istri selalu pesan tengkleng rica,” kata Viki Maulana yang datang bersama kawan-kawannya.

Untuk jam buka warung sendiri, dibuka mulai pukul setengah 12 siang hingga pukul 8 malam. (bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?