Tips Menjaga Kesehatan Tubuh saat Cuaca Panas Ekstrem

Ilustrasi cuaca panas.(Tim Wimborne/REUTERS)
Ilustrasi cuaca panas.(Tim Wimborne/REUTERS)

 

Kabupaten Malang, Blok-a.com – Musim panas tengah melanda sebagian besar wilayah Indonesia, tak terkecuali Malang. Bahkan, suhu udara beberapa waktu lalu mencapai 38 derajat celcius.

Adanya cuaca panas ekstrem ini menyebabkan beberapa hal. Selain kekeringan, sejumlah gangguan kesehatan atau penyakit kerap muncul saat musim panas.

Salah satunya, infeksi saluran pernapasan (Ispa), dehidrasi, radang tenggorokan, diare dan masih banyak lagi.

Untuk itu, perlu bagi kita menjaga kesehatan tubuh saat musim panas ekstrem, berikut sederet tips menjaga daya tahan tubuh atau kesehatan kita saat musim panas.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih sebanyak mungkin dapat menjaga agar tubuh kita tidak kekurangan cairan atau tetep terhidrasi saat musim panas.

Mengonsumi air akan membuat keseimbangan cairan dalam tubuh akan tetap terjaga.

Hindari minuman berkafein, minuman berenergi, alkohol, dan minuman manis. Sebab, minuman yang mengandung kafein dan alkohol dapat membuat seseorang lebih sering buang air kecil yang dapat memicu dehidrasi.

2. Konsumsi Buah-Buahan

Konsumsi buah-buahan saat cuaca panas ekstrem sangat dianjurkan. Konsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi, seperti semangka, melon, pepaya atau jeruk dapat membantu tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, vitamin yang terkandung dapat meningkatkan kekebalan tubuh saat cuaca ekstem seperti saat ini.

3. Olahraga di dalam Ruangan

Meskipun cuaca sedang panas-panasnya, rutin berolahraga akan membentuk tubuh kalian tetap fit.

Kendati demikian, hindari olahraga di luar ruangan karena berisiko tinggi menyebabkan heatstroke, dehidrasi berat, dan gangguan kesehatan lainnya.

Kalian bisa tetap berolahraga di tempat gym atau di dalam rumah. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan adalah yoga, latihan kekuatan, dan kardio.

4. Istirahat yang Cukup

Mengatur pola tidur yang cukup adalah aspek yang krusial dalam menjaga kesehatan. Sering tidak tidur cukup bisa meningkatkan risiko terserang penyakit dan mengalami keluhan kesehatan.

Hal ini karena tidur memiliki dampak besar untuk menjaga performa otak dan meregulasi tubuh. Ketika seseorang tertidur, tubuh akan bekerja untuk mengurangi rasa lelah yang dirasakan rasakan.

Tidur yang cukup tidak hanya soal waktu, tetapi juga kualitas tidur itu sendiri. Sebaiknya, kamu menetapkan jadwal tidur yang konsisten setiap harinya.

Hindari distraksi seperti menonton televisi atau bermain ponsel sebelum tidur agar tidurmu nyenyak dan tidak terganggu.

5. Gunakan Pakaian Tertutup

Menggunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang dilakukan agar memberi perlindungan ekstra kepada tubuh.

Hindari baju berwarna gelap karena dapat menyerap panas dan hanya membuat anda semakin merasa gerah kepanasan.

Gunakan pakaian cerah, longgar, serta berbahan lembut seperti poliester, rayon, atau katun agar terasa lebih nyaman saat cuaca terasa panas.

Jika diperlukan, gunakan kacamata dan topi saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi mata dan kulit wajah dari paparan sinar matahari dan debu.

Berikut sederet tips untuk tetap menjaga kekebalan tubuh saat musim panas ekstrem seperti saat ini. (ptu/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?