Nonton Video Mukbang – ASMR Makanan Saat Puasa, Apakah Bikin Batal?

Ilustrasi video mukbang ASMR. (YouTube/쏘영 Ssoyoung)
Ilustrasi video mukbang ASMR. (YouTube/쏘영 Ssoyoung)

blok-a.com – Masyarakat Indonesia serentak menjalankan puasa Ramadan 1444 H mulai hari ini, Kamis (23/3/2023). Saat menjalankan ibadah puasa, umat Islam tak hanya diuji untuk menahan haus dan lapar, namun juga mengontrol nafsu dan emosi.

Ada banyak hal dapat membatalkan puasa. Seperti makan minum, muntah dengan sengaja, bahkan hal sepele seperti menelan dahak.

Lantas, jika dengan sengaja menonton video yang berkaitan dengan makanan seperti mukbang (makan dalam porsi besar) apakah juga bisa membatalkan puasa?

Baca Juga: 10 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa, Nomor 4 Sering Dilakukan

Seperti diketahui, video mukbang hingga ASMR makanan saat ini memiliki panggung tersendiri di kanal YouTube.

Kreator dari berbagai belahan dunia pun berlomba-lomba untuk membuat video mubang dan ASMR versi terunik mereka.

Menonton video mukbang dan ASMR makanan memang cukup ampuh mengisi waktu luang, apalagi saat menunggu waktu berbuka puasa.

Ustaz Habib Husein Ja’far pernah mengulas mengenai pertanyaan apakah nonton mukbang bisa membatalkan puasa dalam program ‘Ada Komika Bertanya Pada Ustadnya’ yang ditayangkan di Channel YouTube Stand Up Komedi Kompas TV.

Menurut Ustaz Habib Husein Ja’far, nonton video mukbang saat puasa boleh-boleh saja, namun dengan beberapa catatan.

Ustaz Habib Husein Ja’far mengatakan, nonton video yang berkaitan dengan makanan sejatinya tidak membatalkan puasa. Namun bisa saja mengurangi pahala Ramadan jika niatnya untuk memuaskan diri atau mengganggu nafsu.

“Iya (bisa mengurangi pahala puasa). Kalau niatnya untuk kita tidak menahan nafsu, untuk ‘wah enak ni nonton mukbang,” ujar Ustaz Habib Husein Ja’far.

Ia menegaskan, inti dari puasa adalah untuk menahan diri dari hawa nafsu.

“Puasa intinya adalah menahan diri. Dan kalau bisa sampai pada titik kamu enjoy dengan puasamu. Jadi jangan menjalankan puasa itu sebagai beban. Kalau udah nonton mukbang karena (merasa) beban, untuk mengganggu nafsumu, maka itu mengurangi pahala puasa,” jelas Habib Husein.

Meski begitu, menurut Habib Husen, hal ini menjadi pengecualian bagi mereka yang memang berprofesi sebagai penyaji makanan.

“Kecuali memang yang nonton itu Chef Arnold misalnya. Bahkan untuk hal itu, boleh mencicipi. Seorang chef atau Ibu rumah tangga boleh mencicipi makanan yang dia buat. Tapi langsung dikeluarin lagi. Dan syaratnya sedikit, jangan satu sendok pakai nasi,” guraunya.

Itu tadi penjelasan terkait nonton video mukbang dan ASMR makanan saat puasa. Semoga puasamu tahun ini meraup berkah dan rahmat dari Allah SWT.(lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?