Hari H Perayaan Idul Adha, Pasar Hewan Kepanjen Malang Masih Dibanjiri Pembeli

Caption : Situasi Pasar Hewan di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang masih dibanjiri pembeli saat Hari Raya Idul Adha 2023 (Blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)
Caption : Situasi Pasar Hewan di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang masih dibanjiri pembeli saat Hari Raya Idul Adha 2023 (Blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)

Kabupaten Malang, Blok-a.com – Meskipun sejumlah daerah sudah melaksanakan salat idul adha dan pemotongan hewan kurban, namun Pasar Hewan Kepanjen masih dibanjiri pembeli hingga luar daerah.

Salah satu penjual kambing, Murtadho mengatakan, penjualan kabing sesaat menjelang idul adha seperti saat ini diakui cukup tinggi.

Bahkan, ia mengaku dalam satu hari ini ia mampu menjual belasan kambing dalam waktu hitungan jam.

Sementara itu, dalam setiap harinya ia mengaku dapat mengirimkan belasan hingga puluhan kambing untuk pelanggannya di dalam maupun luar daerah.

“Alhamdulillah tahun ini penjualan hewan kurban meningkat drastis dibandingkan tahun kemarin, karena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sudah melandai,” terang Murtadho saat ditemui di Pasar Hewan Kepanjen, Rabu (28/06/2023).

Hal tersebut sedikit membuatnya tersenyum, setelah berhasil melewati masa PMK yang sempat membuat bisnisnya hampir melumpuh.

Terlebih, seperti saat ini harga hewan kurban khususnya kambing mengalami lonjakan yang cukup besar dibandingkan dengan hari sebelumnya.

“Harga kambing naik 50 persen dibandingkan sebelumnya. Kenaikan harga mulai dari 10 hari yang lalu,” jelasnya.

Sejak pertengahan bulan Juni hingga hari H atau H-1 Idul Adha, pria asal Gondanglegi ini mengaku telah menjual kurang lebih sebanyak 300 ekor kambing.

“Alhamdulillah sangat ada kemajuan. Peminatnya dari Kabupaten Malang, ada dari Blitar juga Kota Malang,” tambahnya.

Rencananya, ia akan tetap membuka lapaknya hingga H+7 hari raya idul adha. Hal tersebut dilakukan mengingat tidak semua masyarakat melaksanakan penyembelihan hewan korban secara serentak.

Sehingga menurutnya permintaan hewan kurban dimungkinkan akan terus ada hingga H+ 7 lebaran idul adha.

“Saya buka di rumah juga, rencananya sampai H+ 7 karena biasanya tetap rame. Kantor-kantor juga biasanya masih banyak yang mencari diatas hari raya ke tiga sampai tujuh,” pungkasnya.

(ptu/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?