Tiga Nama Calon Menpora Pengganti Amali Diserahkan Airlangga ke Jokowi

Presiden Jokowi berbincang dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (doc. Liputan6/Faizal Fanani)
Presiden Jokowi berbincang dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (doc. Liputan6/Faizal Fanani)

blok-a.com Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto disebut telah mengantongi tiga nama calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainuddin Amali. Nama-nama tersebut pun telah diusulkan ke Presiden Joko Widodo.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus enggan menyebut tiga nama yang telah diserahkan tak jauh dari nama-nama yang sudah beredar.

“Nah calon Menpora sudah ketua umum kita sudah berikan ke Presiden. Kita tinggal tunggu Presiden milih yang mana dari tiga calon yang diusulkan,” ucap Lodewijk di kompleks parlemen, Selasa (14/3).

Baca Juga: Jadi Waketum PSSI, Jokowi Umumkan Zainudin Amali Mundur dari Menpora

“Tidak jauh dari nama-nama yang beredar,” imbuhnya.

Sebelumnya, senter kabar sejumlah nama calon Menpora dari Partai Golkar, yakni Ilham Permana, Dito Ariotedjo, dan Puteri Anetta Komaruddin.

Lodewijk mengungkap sejumlah kriteria keinginan presiden terhadap calon Menpora baru. Menurut dia, Menpora baru harus memiliki kemampuan mengurus bidang pemuda dan olahraga.

Lanjut Lodewijk, sosok Menpora baru harus memiliki akses ke dua bidang tersebut. Terlebih Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Nah itu dari pemuda dan olahraga gitu loh, ngurusi pemuda siapa yang punya ke situ, apa kriteria itu. Pak Jokowi yang tahu kita nggak tahu,” katanya.

Zainuddin Amali telah resmi mundur sebagai Menpora. Kini ia tengah fokus akan jabatan barunya sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Presiden Jokowi telah menerima dan merestui pengunduran diri Amali.

“Menpora tadi pagi sudah bertemu saya, surat pengunduran dirinya sudah disampaikan di Setneg dan tadi saya sudah menyetujui,” ujar Jokowi dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/3).(lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?