Jadi Waketum PSSI, Jokowi Umumkan Zainudin Amali Mundur dari Menpora

pssi menpora
Menpora Zainudin Amali. (Foto: Kemenpora)

blok-a.comZainudin Amali terpilih sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI usai mengantongi suara terbanyak ketiga dalam Kongres Luar Biasa (KLB) yang di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, pada Kamis (16/2/2023) lalu. Usai menjabat sebagai Waketum PSSI, Zainudin Amali dikabarkan mundur dari kursi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Pengunduran diri tersebut bahkan sudah disampaikan secara lisan kepada Presiden RI Joko Widodo.

Namun, kata Jokowi, belum ada pengunduran diri secara tertulis yang diajukan Zainudin Amali.

“Secara resmi belum. Tertulis belum. Informal sudah,” kata Jokowi usai meninjau Sungai Ciliwung di Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023).

Jokowi enggan berbicara lebih lanjut mengenai pergantian Menpora. Dia berjanji akan mengumumkan ke publik setelah Zainudin Amali resmi mengundurkan diri.

“Gantinya nanti kalau sudah ada resminya baru saya bicara,” ujar dia.

Sebelumnya, Zainudin Amali mengaku telah mendapat restu Jokowi untuk fokus di PSSI. Namun, Zainudin Amali tak memastikan apakah akan resmi mundur dari kursi Menpora.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono turut menanggapi pernyataan Jokowi terkait pengunduran diri Amali yang merupakan perwakilan Partai Golkar di Kabinet Indonesia Maju.

Dave mengatakan, pihaknya memiliki banyak kader mumpuni yang bisa ditugaskan untuk mengisi posisi apapun, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

“Golkar itu gudangnya kader-kader yang dapat ditugaskan di macam-macam sektor dan industri. Jadi tergantung kehendak Presiden saja,” ujar Dave, mengutip Kompas.com, Selasa (21/2/2023).

Namun, ia menyerahkan semua keputusan di tangan Jokowi.

“Keputusan akhir ada pada Presiden selaku user akan menteri-menteri di kabinetnya,” ucap dia.(lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?