Final Badminton SEA Games 2023: Timnas Putra Masih Punya Kesempatan Juara

Chico Aura Dwi Wardoyo melakukan selebrasi usai memastikan kemenangan saat melawan Loh Kean Yew (Singapura) pada semifinal SEA Games 2023 nomor beregu putra di Morodok Techo Badminton Hall, Rabu (10/5/2023). (Dok. PP PBSI )
Chico Aura Dwi Wardoyo melakukan selebrasi usai memastikan kemenangan saat melawan Loh Kean Yew (Singapura) pada semifinal SEA Games 2023 nomor beregu putra di Morodok Techo Badminton Hall, Rabu (10/5/2023). (Dok. PP PBSI )

blok-a.com Tim badminton putra dan putri Indonesia berhasi melaju ke final pada nomor beregu SEA Games 2023.

Srikandi indonesia lebih dulu memastikan satu tempat di partai puncak usai menaklukkan Filipina dengan skor 3-0 di Badminton Hall Morodok Techo pada Rabu pagi, (10/5/2023).

Komang Ayu Cahya Dewi, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo yang diturunkan di laga itu, semuanya berhasil menyumbang poin.

Tim putra menyusul langkah tim putri dengan mengalahkan Singapura 3-1.

Chico Aura Dwi Wardoyo, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan menjadi aktor kemenangan Merah-Putih, hanya Christian Adinata yang gagal mencetak angka.

Timnas Putri Tertinggal 0-1

Di final, tim putri Indonesia berhadapan dengan unggulan pertama Thailand yang turun dengan beberapa pemain terbaiknya, yakni ganda Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard serta pemain tunggal Lalinrat Chaiwan.

Digelar di Badminton Hall Morodok Techo Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (11/5/2023), pemain tunggal Indonesia Komang unggul 2-0 terlebih dahulu dari lawannya. Dia mampu memberikan pukulan-pukulan yang cukup baik pada poin awal dan unggul 4-2 setelahnya.

Komang kemudian mencuri lima poin berturut-turut dari Lalinrat. Atlet kelahiran Bali itu menjauh dengan keunggulan 9-4. Namun usai unggul, Komang justru terpeleset dan terkejar Lalinrat. Atlet Thailand itu mengejar hingga menyamakan kedudukan menjadi 9-9.

Kedudukan hanya selisih satu poin pada interval gim pertama. Komang untuk sementara unggul 11-10. Pertarungan sempat berlangsung sengit selepas interval. Kedua atlet tersebut bergantian mencuri poin hingga skor imbang 15-15.

Komang sempat tertinggal cukup jauh 19-5 setelah itu. Namun, dia berhasil tetap tenang dan mengejar hingga menyamakan kedudukan menjadi 19-19.

Sayangnya, Lalinrat kemudian berhasil kembali unggul dan meninggalkan wakil Indonesia tersebut. Komang pun tertinggal dengan skor 19-21.

Timnas Putra Masih Punya Kesempatan

Untuk tim beregu putra Indonesia akan berduel dengan Malaysia dalam perebutan medali emas yang digelar pukul 15.00 WIB. Malaysia maju final setelah menyingkirkan Thailand dengan skor 3-2.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia, Rionny Mainaky optimis tim putra bisa membawa pulang medali emas.

“Untuk beregu putra, saya harap bisa bermain normal. Kalau bermain normal, saya yakin bisa menang dari Malaysia dan ambil medali emas,” kata Kabidbinpres PP PBSI itu.(mg1/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?