Bawaslu Jatim Perkuat Kerja Kolektif Kolegial

Ketua Bawaslu Jatim, A Warits. (Bawaslu)
Ketua Bawaslu Jatim, A Warits. (Bawaslu)

Surabaya, blok-a.com- Kurun Januari-Maret 2023 Bawaslu Jatim melakukan rapat pimpinan tiga kali. Tiap rapat, melibatkan pengawas pemilu se-Jawa Timur.

Dalam rapat ke-3 di Surabaya, Senin-Selasa (27-28/03/2023), Ketua Bawaslu Jatim, A Warits, mengungkapkan rapat antar pimpinan itu untuk semakin menguatkan kerja kolektif kolegial.

“Kita melakukan evaluasi dan refleksi. Apa yang dilakukan selama satu bulan kemarin kita evaluasi dan kita rancang program satu bulan kedepan. Hal ini sebagai upaya agar kerja kolektif kolegial kita semakin kuat,” ungkapnya.

Menurut alumni Pondok Pesantren Tebuireng ini, dari Bawaslu di 38 kabupaten/kota se-Jatim masih ditemukan daerah yang belum melaksanakan dan mengimplementasikan kerja kolektif kolegial.

“Misalnya dalam tahapan pemutakhiran data pemilih. Masih ada kabupaten/kota yang menyerahkan masalah ini pada satu koordinator divisi dan stafnya. Sementara yang lainnya tidak ikut bekerja. Ini perlu kita evaluasi agar dalam tiap tahapan kita semua bisa bekerja secara kolektif,” jelasnya.

Pria asal Sumenep ini kembali mengingatkan bahwa domain pengawasan bukan lagi terfokus pada satu divisi. Tetapi telah menjadi kerja seluruh divisi.

“Perlu kita ingatkan bahwa tanggung jawab untuk mengawasi dilakukan secara bersama-sama seluruh komisioner. Bukan lagi tugas satu divisi saja. Untuk itulah, rapat pimpinan ini akan terus dilakukan agar kerja kolektif kolegial kita berdampak pada penguatan kelembagaan,” pungkasnya.(kim/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?