Semarak Peringatan Hari Pramuka ke-62 di Kwarcab Kota Malang

Lomba Pionering dalam perayaan Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke-62 di Kwarcab Kota Malang.
Lomba Pionering dalam perayaan Hari Pramuka yang ke-62 di Kwarcab Kota Malang.

Kota Malang, blok-a.com – Dalam perayaan Hari Pramuka yang ke-62, Kwartir Cabang Pramuka Kota Malang menggelar apel besar di halaman depan Balai Kota Malang, Sabtu (19/8/2023).

Setelah apel besar selesai dilakukan, Kwarcab Pramuka Kota Malang memberikan lencana Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) dan melakukan pengukuhan bagi Pramuka Garuda.

“Lensa usai apel besar, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang memberikan penghargaan TPOD dan mengukuhkan Pramuka Garuda dari tingkat penggalang, siaga, dan pandega di seluruh kota Malang,” ujar Lendra, pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Malang, kepada blok-a.com.

Lendra menjelaskan, dalam rangkaian ini juga diselenggarakan lomba keterampilan merangkai tongkat dan tali, yang dikenal dengan sebutan lomba Pionering.

Lomba ini diikuti oleh gugus depan (gudep) dari berbagai SMP di kota Malang.

“Tujuan diadakannya lomba Pionering adalah untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun Pramuka yang ke-62 serta memberikan motivasi dan semangat kepada adik-adik Pramuka Garuda yang baru saja dikukuhkan,” ungkapnya.

Heri Sunarko, Camat Klojen yang juga sering disapa dengan panggilan Kakak Pembina, menjelaskan bahwa pionering adalah proses membuat struktur bangunan dari tali temali dan tongkat untuk tujuan tertentu. Aktivitas Pionering ini menjadi identitas khas kegiatan Pramuka.

“Lomba Pionering dengan tema Robot Boford bertujuan untuk mengedepankan nilai-nilai kekompakan dan ketelitian dalam pembuatan struktur bangunan dari tali temali dan tongkat, di antaranya membentuk bentuk robot,” terangnya.

Pada peringatan Hari Pramuka yang ke-62 ini, Heri berharap semoga semangat Pramuka tetap menjadi benteng pertahanan utama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila.

“Tetapi yang tidak boleh dilupakan, Pramuka selalu identik dengan tali dan tongkat,” pungkasnya.(mg1/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?