Timbul Prihanjoko Jadi Bupati Tersingkat di Indonesia, 18 Hari Saja

Timbul Prihanjoko dilantik sebagai Bupati Probolinggo sisa masa jabatan 2018-2023 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (6/9/2023).
Pelantikan Timbul Prihanjoko sebagai Bupati Probolinggo sisa masa jabatan 2018-2023 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (6/9/2023).

Surabaya, blok-a.com- Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko dilantik sebagai Bupati Probolinggo sisa masa jabatan 2018-2023 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (6/9/2023).

Pelantikan ini menindaklanjuti SK Mendagri nomor 100.2.1.3-3607 tahun 2023 tentang pengesahan pengangkatan bupati dan pengesahan pemberhentian wakil bupati Probolinggo.  

Berjalan khidmat, pelantikan dilakukan dengan pemasangan tanda pangkat. Dilanjut penandatangan, sumpah jabatan dan pakta integritas.

Kali ini Timbul Prihanjoko dimungkinkan mencatat rekor bupati tersingkat dalam jabatannya, yaknk hanya 18 hari.

Setelah itu, jabatannya kosong dan bakal digantikan Pj Bupati atau penjabat bupati.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, mengatakan bahwa meski sisa masa jabatan Bupati Probolinggo singkat, pelantikan dan pengambilan sumpah ini menjadi penting karena saat ini merupakan masa strategis substantif untuk menyiapkan RAPBD 2024 dan PAPBD 2023.

Pasalnya, hal tersebut sangat menentukan pembangunan Kabupaten Probolinggo di tahun depan. Antara lain terkait konstruksi Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2024 dan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) 2023 yang saat ini sedang dibahas dengan DPRD.  

“Ini hak beliau. Dan jangan dilihat dari singkatnya saja, tapi bahwa tugas beliau sangat substantif dan strategis dari masa jabatan ini sampai dengan tanggal 24 September nanti,” katanya.

“Maka semua tindakan harus tetap pada spektrum proses pembangunan Kab. Probolinggo di 2024 agar ter-manage dengan baik,” lanjut Khofifah.  

Lebih jauh, mantan Menteri Sosial RI itu menjelaskan bahwa fokus pada APBD merupakan hal yang vital. Sebab, hal tersebut adalah sumber legitimasi dari program yang dijalankan masing-masing daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Untuk itu, Khofifah berharap Bupati Timbul dapat menjalankan amanah dengan baik. Tak hanya itu, sinergitas juga dibutuhkan untuk dapat mewujudkan Kab. Probolinggo makin maju 2024.

“Selamat bertugas. Kami semua memberikan doa kepada Bupati Probolinggo beserta jajarannya. Mudah-mudahan dalam menjalankan tugas ini berseiring dengan ridho Allah SWT dan.menambah  kemaslahatan masyarakat,” tuturnya.  

Terkait masa jabatan sebagian besar bupati/walikota di Jawa Timur yang akan selesai pada September akhir, Khofifah menyebut bahwa surat pengusulan penjabat bupati/ walikota yang berakhir masa jabatannya pada tanggal 24 dan 25 September 2023  telah diserahkan ke Mendagri pada 8 Agustus 2023 lalu.  

“Selanjutnya kita akan menunggu dari TPA atau Tim Penilai Akhir yang langsung dipimpin oleh Pak Presiden. Jadi kita menunggu sampai keputusan nanti diterbitkan. Semoga lancar,” tutup Khofifah. (kim/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?