Dua Jembatan di Kota Malang dalam Perbaikan, Selesai Desember 2023

Jembatan di Kota Malang dalam perbaikan
Perbaikan di Jembatan Splendid atau Brawijaya (blok-a/bob)

Kota Malang, blok-a.com – Dua Jembatan di Kota Malang sedang dalam perbaikan.

Perbaikan itu berupa penguatan pondasi di bawah jembatan. Jembatan yang sedang dalam perbaikan itu adalah jembatan yang berada di Splendid atau Jalan Brawijaya Kota Malang dan jembatan Majapahit yang berada di Jalan Majapahit Kota Malang.

Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulhanto menjelaskan memang perbaikan dua jembatan itu sudah dilakukan sejak Oktober 2023 ini.

Terlihat di jembatan Splendid telah dimulai pengerjaan penguatan pondasi di jembatan tersebut, Rabu (25/10/2023). Beberapa pekerja menurunkan material berupa pasir dan juga bebatuan.

Jembatan di Kota Malang dalam perbaikan
Jembatan Majapahit Kota Malang (blok-a/bob)

Sementara pula di Jembatan Majapahit juga demikian. Pengerjaan pun dimulai. Sebab ada truk yang bermuatan hendak menurunkan material.

“Itu sudah mulai Oktober ini mas. Kami kerjakan untuk penguatan pondasi saja di bawahnya,” kata dia.

Untuk anggarannya rencana awal adalah mencapai Rp 16 miliar. Rp 10 miliar untuk perbaikan di Jembatan Brawijaya dan Rp 6 miliar di Jembatan Majapahit.

Namun rencana anggaran itu berubah setelah Dandung berkonsultasi ke pihak terkait. Ternyata perbaikan itu hanya perlu memperkuat pondasi saja. Hasilnya anggaran itu sekitar Rp 4 miliar untuk Jembatan Majapahit dan Rp 800 juta untuk Jembatan Brawijaya.

“Itu memang ada perubahan mas. Setelah kami berkonsultasi ternyata hanya dibutuhkan perbaikan pondasi bawah saja,” jelasnya.

Sementara itu, pengerjaan perbaikan dua jembatan itu bakal selesai pada 12 Desember 2023.

“Dua pengerjaan itu kan berkaitan. Jadi dua-duanya itu selesai pada 12 Desember mas,” kata dia.

Setelah diperbaiki, untuk Jembatan Brawijaya ini tetap tidak akan bisa dilewati roda empat atau hanya kendaraan roda dua yang bisa melewati.

Seperti diketahui, tahun 2022 lalu, pondasi Jembatan Brawijaya atau Splendid pondasi bawahnya keropos. Untuk itu sejak beberapa bulan lalu, jembatan itu tidak bisa lagi dilewati kendaraan roda empat.

“Tetap hanya roda dua mas setelah selesai. Karena yang diperbaiki hanya pondasi bawah kan atasnya tetap itu,” kata dia. (mg1/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?