Awal Tahun Kepemimpinan, Bupati Targetkan Perumda Jasa Yasa Dapat Sumbang PAD Rp2 Miliar

Caption : Situasi pelantikan Direktur Umum Perumda Jasa Yasa Kabupaten Malang tahun 2023-2028 (Blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)
Caption : Situasi pelantikan Direktur Umum Perumda Jasa Yasa Kabupaten Malang tahun 2023-2028 (Blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)

Kabupaten Malang, Blok-a.com – Di awal kepemimpinan, Bupati Malang targetkan Perusahaan Daerah (Perumda) Jasa Yasa dapat sumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp2 miliar.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Malang, Sanusi, usai melakukan pelantikan Direktur Utama (Dirut) Perumda Jasa Yasa pada Senin (7/8/2023).

Sanusi mengatakan, kenaikan target tersebut bertujuan untuk meningkatkan pegelolaan perusahaan yang memiliki potensi cukup besar. Sehingga diharapkan dapat turut andil mendongkrak PAD Kabupaten Malang.

“Target Rp2 miliar itu di tahun pertama ini, harapannya sudah bisa ada peningkatan minimal nanti di tahun kedua sudah terpenuhi,” ucap Sanusi saat ditemui awakmedia, Senin (7/8/2023).

Wisata Malang
Pantai Balekambang Malang (sumber: iStock)

Berkaca pada kepemimpinan sebelumnya, kata Sanusi, terdapat beberapa evaluasi yang perlu diperbaiki untuk kepemimpinan yang baru dilantik. Salah satunya yakni pengelola dan manajemen serta peningkatan potensi yang ada.

“Di bidang pengelolaan dan peningkatan potensi yang ada perlu ditekan, butuh serta promosi dibidang pariwisatanya lebih meningkat lagi,” tambahnya.

Ditambahkan Sanusi, kedepannya ia akan memberikan pekerjaan rumah (PR) tambahan terkait dengan wahana yang perlu di sentuh kembali, diantaranya yakni di Pantai Ngeliyep dan Pantai Balekambang sebagai pantai yang dimiliki oleh Jasa Yasa.

“Fasilitas-fasilitas di wahana Pantai Balekambang dan Ngeliyep serta Pemandian Metro dan lainnya itu perlu diperbaiki,” tegasnya.

Terpisah, Dirut Perumda Jasa Yasa, Raden Djoni Sudjatmoko mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan pengelolaan guna mencapai target yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang.

Perlu diketahui, pada tahun 2023 Perumda Jasa Yasa hanya mencapai target Rp300 Juta.

Meskipun terdapat kenaikan target yang cukup signifikan, lanjut Sudjatmoko, ia optimis dengan target tersebut.

Untuk dalat mengejar terget, ia mengaku akan menggandeng pihak ketiga dalam pengelolaannya.

“Jadi kami akan melibatkan pihak ketiga, dalam dua bulan sudah harus ada yang bekerjasama dengan kami. Tidak keseluruhan, tapi sebagain yang ada di wilayah ngeliyep itu untuk pihak ketiga yang profesional di bidang itu,” jelansya.

Selain itu,ia menyebut akan melalukan pembenahan terhadap kekurangan di setiap wisata dua pantai yang dinaungi oleh Jasa Yasa. Mulai dari kebersihan toilet, saluran air hingga kebersihan kawasan pantai akan dimaksimalkan.

“Sehingga wisatawan yang cuci mata bisa senang. Memandang dengan indah,” imbuhnya.

Diakhir tahun, ia menegaskan akan ada perubahan yang cukup drastis dua pantai tersebut. Sehingga akan mendungan wisatawan dan menyumbang PAD Kabupaten Malang.

“Ini langsung dikerjakan, insyaallah akhir tahun akan ada perubahan yang sangat drastis di dua Pantai,” pungkasnya. (ptu/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?