Adipura Pertama Kota Batu Semenjak Berdiri Sebagai Daerah Otonom

Kota Batu raih penghargaan Adipura 2022 setelah menunggu 21 tahun, selama mandiri sebagai kota. Rabu (1/3/2023). (Prokopim Pemkot Batu for blok-a.com)

Kota Batu, blok-a.com – Kota Batu berhasil meraih penghargaan bergengsi di bidang kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan, yaitu piala Adipura Tahun 2022 Kategori Kota Sedang.

Piala Adipura diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup RI, Siti Nurbaya Bakar, di Auditorium Dr Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat, Selasa 28 Februari 2023 kemarin.

Piala Adipura ini adalah penghargaan pertama yang diterima Pemerintah Kota Batu selama 21 tahun Kota Batu menjadi daerah otonom.

Dinas Lingkungan Hidup mencatat, piala Adipura kategori kota kecil, pernah diterima Kota Batu pada tahun 1996 atau 26 tahun lalu, namun saat itu Kota Batu masih berstatus Kota Administratif.

Hadir secara langsung untuk menerima piala Adipura, Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Aris Setiawan.

Hadir pula dalam acara ini Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Ruandha Agung Sugardiman, serta Bupati dan Wali Kota se-Indonesia yang menerima penghargaan Adipura.

Usai menerima penghargaan, Pj. Wali Kota Batu menyampaikan bahwa piala Adipura ini adalah penghargaan untuk seluruh masyarakat Kota Batu, yang telah bekerja bersama, bergotong-royong mewujudkan Kota Batu yang bersih, indah dan nyaman.

Terutama dalam kepemimpinan Dewanti Rumpoko selama 5 tahun, Kota Batu juga memiliki TPA yang luar biasa dan dikelola dengan baik.

“Penghargaan ini merupakan wujud kerja bersama, gotong royong seluruh masyarakat, pengusaha dan pemerintah yang berhasil mewujudkan Kota Batu yang indah bersih dan nyaman, bagi masyarakat dan wisatawan. Kita tidak boleh berhenti sampai disini, ke depan akan kita lakukan lebih intensif lagi dengan kerja bersama seluruh masyarakat,” papar dia.

Aries juga menyebutkan peran DPRD Kota Batu dalam mendukung program pemerintah untuk mengelola sampah secara profesional di TPA, utamanya dalam penganggaran mesin pengolah sampah sehingga volume sampah dapat berkurang.

“Saya yakin Pimpinan dan Anggota DPRD mendukung untuk menjaga lingkungan kita dari sampah dan mewujudkan Kota Batu bersih, indah dan nyaman untuk semuanya,” imbuh Aries.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Aries Setiawan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak. Mulai kepala desa, lurah, penggiat lingkungan, penggiat bank sampah, saberspungli, dan penggerak reboisasi.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendedikasikan diri untuk lingkungan Kota Batu. Impian besar untuk mendapatkan piala Adipura telah kita raih. Namun ke depan harus kita pertahankan dengan tata kelola lingkungan yang lebih baik lagi di Kota Batu,” ujarnya.

Provinsi Jawa Timur terdapat 10 daerah penerima piala Adipura, yaitu Kabupaten Pacitan, Malang, Situbondo, Sidoarjo, Jombang, Bojonegoro, serta Kota Blitar, Batu, Malang dan Madiun.

Sementara untuk Kota Surabaya mendapatkan piala Adipura Kencana Kategori Kota Metropolitan. (doi/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?