Ketua Umum PSSI Diminta Bertemu Dengan Presiden Jokowi Untuk Bahas Piala Dunia Sore Ini

tragedi kanjuruhan, stadion kanjuruhan, arema, persebaya, aremania, bonekmania, kerusuhan suporter, suporter bola, bentrok suporter, BRI Liga 1, korban jiwa, mata najwa, suporter, aremania,
Presiden Jokowi (ist)

Blok-a.comPresiden Jokowi meminta Ketua umum PSSI Erick Thohir sore ini untuk membahas tentang Piala dunia U-17 pada Senin (26/6/2023) yang akan diselenggarakan di Indonesia pada 10 November – 2 Desember 2023 mendatang.

Etho mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah konferensi pers setelah bertemu dengan Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, untuk membahas teknis pengamanan Liga 1 2023/2024, pada Senin (26/6/2023).

“Besok saya akan mengadakan rapat untuk membentuk Panitia Piala Dunia U-17. Kemudian, Insha Allah, pada pukul 16.30 saya akan bertemu dengan Presiden untuk menyampaikan beberapa persyaratan dari FIFA,” ungkap Etho.

Etho mengakui bahwa ia belum dapat memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai persyaratan apa saja yang diberlakukan oleh FIFA kepada tuan rumah Piala Dunia U-17, termasuk masalah venue.

FIFA telah resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 melalui hasil keputusan bersama dalam sidang FIFA Council di Zurich, Swiss, Jumat, 23 Juni 2023. Indonesia menggantikan Peru yang merupakan tuan rumah sebelumnya.

Peru batal menjadi tuan rumah setelah dicoret FIFA karena dianggap tidak dapat memenuhi persiapan infrastruktur sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Persiapan Peru terkendala karena negaranya dilanda bencana alam Topan Yaku pada Maret 2023.

Setelah bertemu dengan Presiden Jokowi, Etho mengatakan bahwa informasi tersebut akan segera disampaikan kepada publik.

“Sampai saat ini, saya belum mengumumkannya secara publik. Setelah bertemu dengan Presiden, saya akan membicarakannya dengan Pak Kapolri, mengenai stadion mana yang dapat digunakan, dan juga dengan Pak Basuki, Menteri PUPR, mengenai stadion mana yang perlu direnovasi atau ditambahkan,” ungkapnya.

Etho juga mengungkapkan bahwa mereka masih menunggu arahan dari FIFA mengenai stadion mana yang akan digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17. FIFA juga akan mengirim perwakilannya untuk melakukan pengecekan terhadap kesiapan stadion di Indonesia.

Selain itu, Etho juga menyebutkan kemungkinan stadion di luar venue yang semula direncanakan untuk Piala Dunia U-20 dapat menjadi kandidat untuk Piala Dunia U-17. Salah satunya adalah Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Setelah bertemu dengan Jokowi, Erick juga bakal berkomunikasi dengan Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk mempersiapkan stadion tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

PSSI juga telah bergerak merespons status sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Erick Thohir telah memastikan Bima Sakti yang akan memimpin Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Selain itu, Erick Thohir mengatakan PSSI akan menggelar seleksi di sembilan kota untuk menjaring pemain Timnas Indonesia U-17. Rencana untuk pemusatan latihan di Eropa juga diapungkan.

Sementara itu terkait stadion, Erick Thohir menyatakan FIFA belum menetapkan stadion mana saja yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023.

“Namun, saya berharap bahwa saat ada FIFA Matchday, lapangan utama untuk timnas harus siap, karena itu termasuk dalam jadwal resmi. Ini adalah permohonan saya, bahwa FIFA Matchday harus menjadi kalender utama,” ujar Etho beberapa waktu yang lalu.

“Alhamdulillah, Indonesia juga memiliki stadion-stadion besar sekarang, seperti Gelora Bung Karno (GBK) dan Jakarta Internasional Stadium (JIS). Kami akan melihat apakah stadion-stadion ini memenuhi persyaratan. Jika ada kekurangan, kita akan menyesuaikannya dengan standar. Jika ada opsi lain, itu akan lebih baik,” tambahnya.(mg1/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?