Terima Tawaran PJ Wali Kota Malang, Ini Tanggapan Wahyu Hidayat Sekda Kabupaten Malang

Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat yang jadi kandidat PJ Wali Kota Malang (dok. blok-a.com)
Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat yang jadi kandidat PJ Wali Kota Malang (dok. blok-a.com)

Kabupaten Malang, Blok-a.com – Menanggapi tawaran sebagai Penanggung Jawab (PJ) Wali Kota Malang, Sekertaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Wahyu Hidayat buka suara.

Sebagai Sekda Pemkab Malang, nama Wahyu Hidayat tercantum di tiga kandidat PJ Wali Kota Malang yang akan menggantikan Sutiaji pada akhir jawatannya di bulan September mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Wahyu mengaku, dirinya telah diusulkan oleh DPRD Kota Malang untuk menjadi salah satu dari tiga calon PJ Wali Kota lainnya.

Ia mengaku menerima tawaran tersebut. Sebab, sebagai warga Kota Malang ia siap untuk memberikan warna baru di pengembangan pembangunan Kota Malang.

“Karena saya sebagai warga Kota Malang, diminta oleh DPRD untuk bisa memberikan warna terkait dengan pengembangan dan pembangunan Kota Malang,” terang Wahyu saat dikonfirmasi, Kamis (10/8/2023)

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan, ia ditunjuk sebagai salah satu kandidat berdasarkan dari riwayat latar belakang jabatan yang telah ia duduki selama ini.

Diantaranta yakni, Camat Jatinan, Kepala Dinas Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air Kabupaten Malang, Pelaksana Harian (PKH) Bupati dan terakhir Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang.

“Dilihat dari latar belakang saya, kemampuan saya, pekerjaan saya, jabatan yang pernah saya emban, akhirnya saya diminta untuk menjadi salah satu kandidat,” terangnya.

Disinggung terkait persiapan, Wahyu mengatakan, tidak ada persiapan apapun untuk menjadi calon PJ wali kota. Ia mengatakan, hanya perlu mengikuti tahapan pelaksanaan.

“Persiapan tidak ada, kan saya tinggal mengikuti saja, jika amanah ini diberikan ke saya, saya tinggal laksanakan saja. Gak ada persiapan lainnya,” ungkap Wahyu.

Sebelumnya, ada tiga pintu yang berhak mengusulkan calon Pj Wali Kota. Selain dari DPRD Kota Malang, Kemendagri dan Pemprov Jawa Timur juga berhak memberikan usulan.

Ketiga kandidat tersebut yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso, Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten 2) Setda Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, Kamis (10/8) saat dikonfirmasi blok a.com, mengatakan jika finalisasi ketiga nama kandidat tersebut dilakukan setelah 10 kali rapat dengan jajarannya.

Menurutnya, ketiga nama tersebut telah sah untuk menjadi keputusan DPRD Kota Malang dan telah dianggap terbaik dari yang terbaik.

“Dari lima nama, mundur dua orang, sehingga diputuskan secara musyawarah mufakat untuk menambah penjaringan dengan melibatkan Sekda Kabupaten Malang. Setelah itu kami tanyakan mengenai kesediaannya kepada Sekda Kabupaten Malang ini di depan pimpinan fraksi DPRD Kota Malang dan beliau menyanggupi,” bebernya.

Dikatakan Made, pihaknya juga telah melakukan rapat fraksi, lalu diputuskan ketiga nama tersebut. Dalam penentuan ketiga nama kandidat tersebut, tentu berdasarkan pertimbangan yang obyektif.

Seperti halnya latar belakang pendidikan formal dan nonformal, serta titik beratnya yakni pada riwayat jabatan dari masing-masing kandidat.

“Tiga nama itu tentu tidak serta-merta. Dalam penentuannya sempat kita tarik ulur. Titik beratnya pada riwayat jabatan. Ini yang menjadi pilihan yang sangat obyektif,” tambah Made. (ptu/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?