Ilustrasi seismograf.
Ilustrasi seismograf.

Terasa Hingga Banyuwangi, Gempa M 6,4 Bantul Tak Pengaruhi Aktivitas Gunung Raung

Banyuwangi, blok-a.com – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 yang terjadi di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (30/6/2023) pukul 19:43 WIB tadi malam, getarannya terasa hingga di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Meski terasa cukup kuat, getaran tersebut dipastikan tidak berdampak pada aktivitas Gunung Raung, salah satu gunung yang masih aktif di wilayah Banyuwangi.

Berdasarkan laporan di Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Getaran gempa semakin kuat dirasakan oleh sebagian warga Banyuwangi serta warga yang bermukim di wilayah pesisir pantai selatan.

Getaran gempa dirasakan warga mulai dari Kecamatan Kalibaru, Pesanggaran, Siliragung, Tegaldlimo, Muncar, srono, dan Banyuwangi Kota.

Bahkan akibat merasakan getaran tersebut, sebagian warga berhamburan lari keluar rumah.

“Saya bersama beberapa tetangga begitu merasakan getaran gempa langsung lari keluar rumah, takut terjadi sesuatu mas,” kata Firda (45) salah satu warga Kecamatan Srono, Sabtu (1/7/2023) pagi.

Gempa yang dirasakan tidak begitu lama, hanya berdurasi beberapa detik.

“Getaran gempa kami rasakan sekitar 10 detik, itupun sudah membuat kami cemas,” jelasnya.

Ucapan senada juga disampaikan salah satu warga di Kecamatan Muncar, bernama Wahyu (37) yang rumahnya berdekatan dengan pesisir pantai.

“Waktu merasakan getaran gempa saya kaget lantas saya keluar rumah,” ungkapnya.

Getaran gempa bumi yang di rasakan sebagian wilayah Banyuwangi juga terekam oleh alat seismograf Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Petugas PGA Raung Banyuwangi, Agung Tri Subekti, kepada awak media mengatakan, “Seismograf memang sangat sensitif, meski begitu gempa bumi tersebut tidak berdampak pada aktivitas Gunung Raung,” ujarnya.

“Sejauh ini di Banyuwangi belum ada informasi kerusakan akibat dampak terjadinya gempa yang terjadi di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta tadi malam,” imbuhnya.

Sebelumnya, Gempa Bumi magnitudo 6,4 telah mengguncang wilayah Bantul, Yogyakarta, Jum’at (30/6/2023) pukul 19:43:37 detik, dengan parameter sementara sebagai berikut.

Kekuatan 6,4 SR, Lintang 8,63 LS, Bujur 110, 08 BT, dengan kedalaman 25 Km.

Lokasi : 86 Km Barat Daya Bantul-DIY, 90 Km Kulonprogo-DIY, 92 Km Barat Daya Gunung Kidul-DIY, 98 Km Barat Daya Yogyakarta-DIY, dan 453 Km Tenggara, Jakarta – Indonesia. Pusat gempa berada di laut dan tidak berpotensi Sunami, (BMKG). (kur/lio)