Seram! Buaya ‘Impor’ Filipina di Predator Fun Park Ini Macho Banget

Buaya Mindoro di Predator Fun Park - Foto: Aga Pradnya Widagda

KOTA BATU – Predator Fun Park jadi rumah bagi hampir lebih dari 100 buaya dari berbagai macam jenis. Salah satu jenis buaya yang menarik untuk dilihat adalah si turis dari Filipina alias Buaya Mindoro.

Buaya Filipina (Crocodylus mindorensis) merupakan buaya berukuran kecil. Mereka memiliki moncong yang relatif lebar dan lempeng bertulang tebal di punggungnya. Panjangnya sekitar 3 meter, berat 90-190 kg, dapat berlari hingga 17-32 km/jam, dan harapan hidup 70-80 tahun.

Buaya jenis ini memiliki antara 66 dan 68 gigi yang secara teratur rontok dan digantikan dengan yang baru. Warna coklat keemasan mereka semakin gelap saat mereka tumbuh.

Ukuran tubuh betinanya sedikit lebih kecil dari pejantan. Spesies ini dulunya umum ditemukan di seluruh Filipina, tetapi saat ini hanya hidup di beberapa pulau.

Buaya Mindoro beristirahat di bawah sinar matahari pada siang hari untuk berjemur. Ketika terlalu panas, mereka akan membuka mulut untuk melepaskan panasnya. Buaya ini juga mampu mengapung di permukaan air. Untuk mengontrol daya apung mereka, mereka akan menelan batu lho!

Buaya Filipina adalah karnivora. Makanannya di habitat aslinya adalah ikan, udang, kepiting, siput, mamalia kecil, ular, dan burung.

Buaya Mindoro termasuk buaya air tawar yang paling terancam punah di dunia. Ia banyak diburu untuk dijadikan pajangan dan urusan komersial lainnya. Lainnya adalah karena habitat hutan hujan mereka ditebangi dan dijadikan area perumahan atau sawah.

Selain si Buaya Mindoro, pengunjung juga bisa melihat hewan lainnya seperti buaya Senyulong, buaya Irian, buaya Muara, buaya Caiman, dan sejenisnya. Ada juga ikan-ikan pemangsa lainnya seperti ikan Arapaima, Genghis Khan, hingga Piranha lho!

Tertarik untuk segera ke Predator Fun Park? Buruan berangkat!

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?