Dito Ariotedjo calon Menpora pengganti Zainudin Amali yang bakal dilantik Jokowi. (Instagram/ditoariotedjo)
Dito Ariotedjo calon Menpora pengganti Zainudin Amali yang bakal dilantik Jokowi. (Instagram/ditoariotedjo)

Profil Dito Ariotedjo Calon Menpora Baru Kabinet Indonesia Maju

blok-a.com – Calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru pengganti Zainudin Amali tertuju pada sosok bernama Dito Ariotedjo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik pria bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo itu hari ini, Senin (9/4/2023).

“Ya benar dilantik,” kata salah satu sumber di kalangan istana kepresidenan, seperti dikutip dari Antara.

Pria kelahiran 25 September 1990 ini merupakan kader muda Golkar. Di usianya kini yang menginjak 33 tahun, Dito juga otomatis akan menjadi menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju.

Dito mulai terjun ke dunia politik pada 2016. Anak dari mantan Direktur Antam Arie Prabowo Ariotedjo ini kini menjabat sebagai Ketua umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022. Sebuah organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. 

Dito Ariotedjo calon Menpora pengganti Zainudin Amali yang bakal dilantik Jokowi. (Instagram/ditoariotedjo)

Bersama dengan para pemuda yang tergabung dalam AMPI, Dito membangun ruang kreatif bernama Open Lab yang diresmikan pada Desember 2017 oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Dito pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 yang diselenggarakan di Buenos Aires, Argentina.

Kepiawaiannya dalam bidang olahraga juga tak perlu diragukan lagi.

Dito pernah dipercaya oleh Kemenpora serta Komite Olimpiade Indonesia untuk menjadi CdM (Chef de Mission) atau Ketua Kontingen Indonesia pada perhelatan Youth Olympic Games 2018 yang diselenggarakan di Buenos Aires, Argentina.

Baca Juga: Tiga Nama Calon Menpora Pengganti Amali Diserahkan Airlangga ke Jokowi

Dito juga pernah menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Pada 2021 lalu, ia bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport.

Dito Ariotedjo calon Menpora pengganti Zainudin Amali yang bakal dilantik Jokowi. (Instagram/ditoariotedjo)

Saat ini Dito menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

April 2023, Dito mulai bergabung dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Kini, Dito juga dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Lembaga Inovasi dan Kreativitas DPP Partai Golkar.

Semasa kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI), Dito memang dikenal aktif dalam organisasi.

Ia pernah Ketua Kajian Strategis Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI. Ia juga sempat aktif mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Anak bungsu dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo itu juga pernah menjadi Juru Bicara untuk pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Joko Widodo – Ma’ruf Amin.

Dito menikah dengan Niena Kirana Riskyana pada 31 Maret 2018 dan kemudian dikaruniai seorang putri cantik bernama Sadia Kiera Nadashana.

Ia juga pernah masuk dalam Forbes 30 Under 30 Indonesia di lintas sektor pada 2020.

Menteri termuda di jajaran Kabinet Indonesia Maju saat ini adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim yang dilantik sebagai menteri pada usia 35 tahun pada 2019. (lio)