Polda Jatim Sebut Ada 76 Titik Rawan Macet Tahun Baru, Malang Paling Parah

Situasi kemacetan di Jalan Soekarno Hatta (Blok-a.com/Putu Ayu Pratama S)
Situasi kemacetan di Jalan Soekarno Hatta (Blok-a.com/Putu Ayu Pratama S)

blok-a.com – Hasil pemantauan Polda Jatim mencatat ada 76 titik rawan macet saat perayaan malam tahun baru 2023.

Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Muhammad Taslim Chairuddin mengatakan, hasil identifikasi tingkat kerawanan di seluruh Jatim, terdapat 76 titik rawan macet, 72 titik rawan kecelakaan lalu lintas dan 104 rawan pelanggaran.

Menurut Taslim, titik rawan kemacetan mayoritas berada di kota besar Jatim, seperti Surabaya, Malang dan Batu.

Untuk mengantisipasi kemacetan saat perayaan malam tahun baru, pihaknya telah menyiapkan strategi dengan melakukan penyekatan di beberapa titik.

“Di kota-kota besar, kami melakukan penyekatan untuk mengurangi volume manusia yang masuk ke dalam kota, khususnya pengecekan meminimalisir tindakan kriminal,” ujar Taslim kepada wartawan di Trenggalek, Rabu (28/12/2022).

Dijelaskan dalam penyekatan nantinya, pihaknya akan mengintensifkan pemeriksaan dengan sasaran senjata tajam, narkoba dan minuman keras (miras).

Taslim menjelaskan dari hasil identifikasi wilayah Malang Raya menjadi salah daerah yang mendapatkan atensi dari Polda Jatim. Sebab Malang dan Batu merupakan sasaran kunjungan wisata dari berbagai daerah di Jawa Timur dan sekitarnya.

“Untuk Malang kita sudah perintahkan untuk membuat jalur alternatif kita menggelar kekuatan untuk menciptakan rasa aman,” jelasnya.

Pihaknya mengaku kawasan wisata di Malang Raya menjadi titik paling parah rawan macet. Karena jumlah volume kendaraan yang masuk melebihi kapasitas jalan.

“Kami akui jumlah atau volume kendaraan sudah melebihi kapasitas jalan. Sehingga target kami yang penting arus lalu lintas tetap berjalan tidak stuck tidak terkunci,” ujar Taslim.(lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?