Penasaran Gimana Suara Dinosaurus? Cari Tahu di Dino Park Yuk

Dino Park
Belajar Suara Dinosaurus di Dino Museum. Foto: JTP

KOTA BATU – Taman wisata dinosaurus terkenal di Jatim Park 3 yakni Dino Park menyimpan ratusan jenis wahana edukasi tentang hewan purba, bahkan ada wahana yang bisa mengeluarkan suara-suara dari dinosaurus.

Suara-suara dinosaurus itu bisa kita dengarkan melalui speaker-speaker yang sudah tersedia. Uniknya, suara-suara tersebut sangat menggambarkan bentuk dan jenis dinosaurusnya lho!

Di permainan ini, pengunjung tinggal memencet tombol-tombol merah di tiap gambar-gambar dan nama dinosaurusnya. Ada beragam jenis suara dinosaurus, mulai dari Brontosaurus, Pteranodon, Allosaurus, Tyranosaurus, dan masih banyak lagi.

Anda juga akan diajarkan dari mana asalnya para ilmuwan dapat mengetahui suara-suara yang dikeluarkan oleh hewan-hewan purba ini.

Sering muncul pertanyaan, seperti jika bentuk dinosaurus terungkap berdasarkan kerangka atau fosil yang ditemukan, bagaimana suara dinosaurus arkeolog bisa mengetahui suara dinosaurus bisa kita ketahui seperti yang ada di film Jurasic Park?

Para ilmuwan pada tahun 1992 mebemukan fosil organ vokal yang berasal dari nenek moyang angsa modern dan bebek. Fosil tersebut diperkirakan berusia lebih dari 66 juta tahun.

Organ vokal tersebut kemudian diketahui sebagai syrinx, dan pada kasus ini, berasal dari era Mesozoic. Berdasarkan organ vokal tersebut, para ilmuwan mulai mengilustrasikan bagaimana dinosaurus-dinosaurus ini bersuara.

Ada kemungkinan, suara dinosaurus yang sebenarnya ada itu tak seperti yang kita lihat di film Jurassic Park. Di film itu saja, suara T-Rex dibuat dari raungan beberapa hewan lho, seperti gajah, buaya dan harimau.

Anda dapat menemukan permainan untuk Anda dan anak-anak tentang suara dinosaurus ini di area Dino Museum. Selain edukatif, tempatnya juga sangat cocok untuk foto-foto lho!

Selain mendengar suara dinosaurus, pengunjung juga bisa menikmati permainan unik dan edukatif lainnya seperti di wahana interaktif Apa Itu Pangea, melihat awetan fosil asli di zona Fosil Serangga, mempelajari telur dinosaurus, dan masih banyak lagi.

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?