Caption : Situasi pengerjaan tempat relokasi bangunan semi permanen untuk pedagang di kios Stadion Kanjuruhan (Blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)
Caption : Situasi pengerjaan tempat relokasi bangunan semi permanen untuk pedagang di kios Stadion Kanjuruhan (Blok-a.com/ Putu Ayu Pratama S)

Pemkab Malang Kebut Bangunan Relokasi Semi Permanen Pedagang Stadion Kanjuruhan

Kabupaten Malang, blok-a.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mulai lakukan percepatan pembangunan tempat relokasi pedagang kios Stadion Kanjuruhan jelang sterilisasi.

Untuk melakukan pembangunan bangunan semi permanen pedagang stadion Kanjuruhan tersebut, Pemkab Malang menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) melalui Bank Jatim dengan alokasi anggaran sebesar Rp290 juta.

Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang Firmando Hasiholan Matondang mengatakan, pembangunan tempat relokasi sementara sudah mulai dikerjakan.

Rencananya, tempat relokasi akan berbentuk letter U ke arah selatan, timur dan barat. Sejumlah kios 56, dengan 45 kios utama dan 11 kios cadangan.

“Bangunan semi permanen sudah dikerjakan tiga hari ini. Diperkirakan akan selesai kemungkinan 14 hari,” terang Firmando saat dikonfirmasi awakmedia, Kamis (14/9/2023).

Firmando menyebut, tempat relokasi sementara yang rencananya dilakukan di tenda darurat, sembari menunggu pembangunan semi permanen itu batal dilakukan.

Dengan demikian, Pemkab Malang harus mengupayakan percepatan pembangunan tempat relokasi sementara guna menjaga perputaran ekonomi di lingkungan Stadion Kanjuruhan.

“Sepertinya tidak mungkin kita kasih bangunan tenda, kasian pedagang. Kalau bisa bangunan semi permanennya selesai baru nanti kita lakukan relokasi. Karena sementara pagar kan juga mulai aktivitas, mudah-mudahan pas pagar mulai tertutup bangunan relokasi semi permanen juga selesai,” ungkapnya.

Disinggung terkait dengan pencairan dana, Firmando mengatakan belum dapat memastikan hal tersebut. Sebab, pencairan dilakukan melalui rekening Pemkab Malang, yang selanjutnya akan dilakukan konsultasi dengan Bupati bersama dengan Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Malang.

”Dana masuk di kas daerah, kita masih akan mengatur mekanismenya bagimana. Jadi statusnya kita minta tolong dikerjakan dulu, karena kan di lapangan harus ada percepatan,” jelasnya.

Sementara itu, pantauan Blok-a.com di lapangan, proses pembangunan bangunan semi permanen sudah mulai berjalan. Sejumlah tukang nampak mengerjakan 25 kios dengan lebar 3×4 meter yang berlokasi di depan kolam renang anak di area Stadion Kanjuruhan. (ptu)