Caption : Proses pemasangan pagar renovasi Stadion Kanjuruhan mulai dilakukan (Blok-a.com / Putu Ayu Pratama S)
Caption : Proses pemasangan pagar renovasi Stadion Kanjuruhan mulai dilakukan (Blok-a.com / Putu Ayu Pratama S)

Pemkab Malang Hanya Lakukan ini Dalam Renovasi Stadion Kanjuruhan, Sisanya PUPR RI

Kabupaten Malang, Blok-a.com – Proses pemagaran tanda dimulainya renovasi Stadion Kanjuruhan mulai terlihat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang pasrahkan renovasi di tangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) RI.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang Firmando Hasiholan Matondang. Ia mengaku, proses pemagaran telah dilaksanakan sejak Selasa (12/9/2023) kemarin.

“Kepastian renovasi berproses, dari Waskita kan sudah mulai memasukan material sekarang. Pemasangan pagar mulai dilakukan dua hari yang lalu,” terang Firmando saat dikonfirmasi awakmedia, Kamis (14/9/2023).

Terkait dengan renovasi Stadion Kanjuruhan, Firmando menegaskan, Pemkab Malang sepenuhnya akan menyerahkan proses pembangunan kepada Kementerian PUPR dan Waskita sebagai pemenang tender.

Sementara itu, Pemkab Malang hanya akan menyelesaikan kewajibannya untuk melakukan relokasi pedagang di kios Stadion Kanjuruhan.

“Kita sudah serahkan ke PUPR untuk proses pembangunannya. Jadi tidak ada kewenangan Pemkab Malang, semua full PUPR. Saya hanya harus mempercepat kios itu agar segera keluar,” tambahnya.

Selanjutnya, Pemkab Malang juga akan melakukan pembongkaran atap Stadion Kanjuruhan yang dinilai sudah rusak.

“Kemudian kamu akan membongkar atap, itu yang harus dilakukan kabupaten dalam waktu segara,” tambahnya.

Disinggung terkait dengan peletakbatu pertama, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) itu tidak dapat memastikan hal tersebut.

Ia hanya mengatakan, prosesi selamatan dimulainya renovasi telah dilakukan Kamis (7/9) silam.

“Soal seremonial kita serahkan semua kenPUPR, kewenangan ada di PUPR. Kita hanya selametan kemarin di masjid itu aja, mungkin kalau 1 oktober ada momen kegiatan doa bersama,” pungkasnya. (ptu/bob)