Operasi Pasar Jelang Lebaran, Ini Harga Bahan Pokok yang Naik dan Turun di Pasar Kota Malang

harga daging
Penjual daging di Pasar Blimbing, Kota Malang. (blok-a.com/Nashrullah Masrur)

Kota Malang, Blok-a.com-Menjelang lebaran Wali Kota Malang Sutiaji bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang dan kepala perangkat daerah terkait telah melakukan operasi pasar.

Wali Kota Malang dan timnya mengunjungi Pasar Bunul sebagai titik pertama guna melakukan pemantauan secara langsung terhadap ketersediaan dan harga kebutuhan pokok.

“Harga di Pasar Bunul masih terkendala tidak ada kenaikan ataupun lonjakan harga,” kata Sutiaji Kamis (13/4/2023) setelah operasi pasar di Pasar Bunul Kota Malang.

Dalam operasi pasar jelang lebaran itu, harga daging ayam, daging sapi, telur, cabai, tomat, tepung terigu, beras, gula, dan minyak masih terkendali dengan baik di Kota Malang.

“Bahkan, yang biasanya mengalami kenaikan harga seperti tepung, juga masih cukup terkendali. Keadaan ini menunjukkan stabilitas harga di Kota Malang masih baik,” ujarnya.

Wali Kota Malang memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa tidak perlu khawatir dan melakukan panic buying karena harga bahan pangan masih terkendali dan ketersediaannya mencukupi.

“Namun, hasil pantauan menunjukkan bahwa ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga,” jelasnya.

Terpisah Supriono salah seorang pedagang di Pasar Bunul menjelaskan bahwa harga beras sudah naik secara bertahap bahkan sebelum Ramadan.

Harga beras cap Lombok yang biasanya sekitar Rp65 ribu per lima kilogram, kini naik menjadi Rp71 ribu.

“Namun, untuk minyak goreng merek Minyakita, harganya tetap di Rp14 ribu dan stoknya juga aman dengan berapa ton pun tersedia di distributor,” kata dia.

Harga beberapa komoditas mengalami kenaikan antara seribu hingga tiga ribu rupiah.

Harga yang mengalami kenaikan ialah harga daging ayam naik dari Rp30 ribu menjadi Rp33 ribu, sedangkan harga bawang merah dijual seharga Rp30 ribu, bawang putih Rp26 ribu, dan cabai merah Rp30 ribu.

Namun, harga telur justru mengalami penurunan dari sebelumnya Rp29 ribu menjadi Rp26 ribu hingga Rp27 ribu.

“Harga daging sapi tetap stabil dengan kisaran Rp120 ribu-an,” tandasnya.

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?