Nelson Mandela, Pemimpin Inspiratif ‘Abadi’ di The Legend Star Jatim Park 3

Patung lilin Nelson Mandela di The Legend Star Jatim Park 3
Patung lilin Nelson Mandela di The Legend Star Jatim Park 3

KOTA BATU – Siapa yang tidak pernah mendengar nama Nelson Mandela? Tokoh yang pernah menjadi presiden Afrika Selatan ini memiliki cerita yang menginspirasi hampir seluruh penduduk dunia.

Afrika Selatan menjadi salah satu negara dengan isu rasisme dan diskriminasi ras pada tahun 1980-an.

Perlawanan terhadap sistem pemisahan ras atau apartheid yang diterapkan pemerintah Afrika Selatan tak bisa dilepaskan oleh figur bernama Nelson Mandela.

Selama lebih dari 25 tahun, Nelson Mandela menghabiskan waktu hidupnya di penjara untuk memperjuangkan hak warga kulit hitam. Pada 1962, ia ditahan dan dituduh melakukan sabotase dan bersekongkol menggulingkan pemerintahan, dan dihukum penjara seumur hidup di Pengadilan Rivonia.

Nelson Mandela menjalani masa kurungan tepatnya selama 27 tahun. Pertama, ia berakhir di Pulau Robben, kemudian di Penjara Pollsmoor dan Penjara Victor Verster.

Kampanye internasional yang menuntut pembebasannya membuat Mandela akhirnya dibebaskan pada tahun 1990.

Setelah menjadi Presiden ANC, Mandela menerbitkan autobiografi dan bernegosiasi dengan Presiden F.W. de Klerk untuk menghapuskan apartheid di Afrika Selatan. Selain itu, ia minta untuk melaksanakan pemilu multiras tahun 1994 yang kelak dimenangkan ANC.

Nelson Mandela kemudian terpilih sebagai Presiden dan membentuk Pemerintahan Persatuan Nasional.

Kontroversi nyaris meliputi sepanjang hayatnya. Para kritikus sayap kanan menyebut Mandela teroris dan simpatisan komunis.

Meski begitu, ia memperoleh pengakuan internasional atas sikap antikolonial dan antiapartheidnya. Mandelan menerima lebih dari 250 penghargaan, termasuk Hadiah Perdamaian Nobel 1993, Medali Kebebasan Presiden Amerika Serikat, dan Order of Lenin dari Uni Soviet.

Ia sangat dihormati di Afrika Selatan. Selama hidup hingga sekarang, Mandela lebih dikenal dengan nama klan Xhosa-nya, Madiba atau tata. Nelson Mandela juga sering dijuluki “bapak bangsa”.

Jika Anda ingin melihat sosok perdamaian yang mengagumkan ini, Anda bisa langsung berkunjung ke The Legend Star Park di Jatim Park 3, Kota Batu.

Sosok Nelson Mandela berdampingan dengan sosok-sosok berpengaruh di dunia lainnya seperti Dalai Lama, Bunda Teresa, Mahatma Gandhi, dan masih banyak lagi.

The Legend Stars Park buka setiap hari mulai pukul 12.00-20.00 WIB. Anda bisa menyaksikan ratusan patung lilin dan aksi-aksi menarik lainnya juga lho. Jadi, tunggu apa lagi?

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?