Meriahkan HPN 2023, Puluhan Seniman Ikuti Lomba Karya Mural di Mapolres Malang

Caption : Situasi puluhan seniman mengikuti lomba mural aspirasiku di Mapolres Malang, Selasa (07/02/2023) (Blok-a.com / Putu Ayu Pratama S)
Caption : Situasi puluhan seniman mengikuti lomba mural aspirasiku di Mapolres Malang, Selasa (07/02/2023) (Blok-a.com / Putu Ayu Pratama S)

Kabupaten Malang, blok-a.com – Peringati Hari Pers Nasional (HPN) 2023, puluhan seniman dari berbagai daerah Se-Indonesia goreskan karya seni di Mapolres Malang.

Puluhan seniman yang terdaftar di Lomba Mural Aspirasiku yang digelar oleh Jurnalis Lintas Selatan (JLS) nampak antusias menggoreskan cat ke papan yang tersedia untuk menghasilkan karya mural terbaiknya.

Ketua Pelaksana Lomba Mural Aspirasiku, Daviq Umar mengatakan lomba mural yang diadakan oleh JLS ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan peringatan HPN pada 9 Februari mendatang.

“Acara ini diselenggarakan oleh para jurnalis di Kabupaten Malang yang tergabung dalam JLS. Tujuan dari diselenggarakannya acara ini yaitu untuk memperingati HPN yang bertepatan pada hari Kamis 9 Februari 2023 mendatang, tutur Daviq saat sambutan, Selasa (07/02/2023).

Daviq menyebut, ajang bergengsi ini merupakan gelaran pertama kali yang diselenggarakan di tingkat kepolisian Polres se-Indonesia.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap dengan adanya lomba mural menyambut di Mapolres Malang menyambut HPN ini bisa menginspirasi jajaran kepolisian lainnya yang bertugas di seluruh wilayah Indonesia.

“Lomba Mural bertajuk Aspirasiku ini mungkin kali pertama yang diselenggarakan di tingkat Polres di Indonesia. Diharapkan, dengan adanya acara ini dapat menjadi role model atau percontohan bagi Polres lainnya,” lugasnya.

Acara lomba mural, kata Daviq, diikuti sekitar 40 tim. Puluhan seniman tersebut berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Diantaranya dari Malang Raya, Jawa Timur, Jawa Tengah, bahkan hingga Jawa Barat.

“Atas nama panitia, kami berharap acara ini bisa menjadi sarana serta wadah bagi para seniman dalam menyampaikan aspirasinya melalui karya mural terbaiknya,” ujarnya.

Terakhir, Daviq mengucapkan selamat berlomba dan berkarya sebaik mungkin kepada para seniman yang menjadi peserta dalam Lomba Mural Aspirasiku.

Terpisah, Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana mengkau sangat mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh insan pers yang tergabung dalam JLS Kabupaten Malang.

Pihaknya berharap, dengan diselenggarakannya Lomba Mural Aspirasiku ini, menjadi bukti komitmen dari Polres Malang untuk terus bersinergi dengan insan pers yang ada di Kabupaten Malang.

“Tentunya kami dari Polres Malang sangat salut dan bangga serta mengapresiasi semangat dari rekan-rekan media, yang telah menyelenggarakan kegiatan Lomba Mural Aspirasiku pada hari ini,” ucapnya.

Tidak lupa, Kholis juga mengucapkan selamat datang dan selamat berlomba kepada para seniman yang mengikuti Lomba Mural Aspirasiku.

Sesuai dengan tema yang di usung oleh panitia, Kholis berharap melalui Lomba Mural Aspirasiku yang diadakan dalam rangka memperingati HPN 2023 ini, bisa menjadi tonggak kemajuan dunia pers yang semakin merdeka, demokrasi dan bermartabat.

“Sengaja kami berkolaborasi dengan rekan-rekan media untuk menyemarakkan Hari Pers Nasional 2023 yang kebetulan mengambil tema Pers Merdeka, Demokrasi dan Bermartabat,” tegasnya.

Selanjutnya, anggota Polri dengan pangkat dua melati ini menambahkan, hasil karya mural yang dihasilkan oleh para seniman dari berbagai daerah di Indonesia ini, akan dijadikan acuan dan masukan dalam mewujudkan kepolisian yang Presisi.

“Bersama rekan media, kami akan terus berbenah agar bisa selalu mewujudkan apa yang diinginkan masyarakat,” ujarnya.

(ptu)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?