Kerahkan 1.500 Personel Gabungan, Polres Malang Dirikan 12 Pos Jelang Mudik Lebaran 2023

img 20221227 wa0072
Caption: Anggota Polres Malang sedang melakukan pemantauan arus lalu lintas di persimpangan Karanglo, Selasa (27/12/2022). (blok-a/helen)

Kabupaten Malang, Blok-a.com – Guna menjaga ketertiban dan mengurai adanya kemacetan yang terjadi saat mudik lebaran, Polres Malang akan dirikan 12 pos dalam Operasi Ketupat Semeru 2023. Pos tersebut terdiri dari Pos Pelayanan (Posyan), Pos Pemgamanan (Pospam) dan Pos Pantau.

Untuk membantu penertiban arus lalu lintas, Polres Malang menerjunkan 1.500 personel gabungan yang terdiri dari Kodim 0818 Malang-Batu, Dinas Perhubungan, dan instansi terkait lainnya yang disiagakan di pos-pos tersebut dan 30 mako polsek jajaran Polres Malang.

Operasi Ketupat Semeru 2023 oleh Polres Malang itu sendiri mulai digelar pada Selasa (18/04/2023) hingga arus balik mudik pada Senin (1/05/2023) mendatang.

Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana mengatakan, terdapat penambahan baio jumlah personel maupun pos yang disiagakan pada Operasi Ketupat Semeru 2023.

“Kami tambahkan di titik-titik tertentu untuk mengatasi keramaian warga masyarakat yang berlalu lintas dan membantu aktivitas perbankan yang perlu mendapatkan penjagaan ekstra,” ucap Kholis saat ditemui Blok-a.com sesudai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2023, Senin (17/04/2023).

Sejumlah 12 pos pos tersebut didirikan di lokasi yang dimungkinkan akan menjadi sentra kegiatan masyarakat serta di titik yang diprediksi akan mengalami kemacetan dari tahun ke tahun.

Lebih lanjut, Kholis menyebutkan, salah satu titik yang diprediksi akan cukup ramai saat Lebaran adalah akses jalan ke arah wisata Gunung Bromo di Kecamatan Tumpang.

Titik lainnya yang rawan macet adalah akses jalan menuju ke arah Kota Batu di Kecamatan Singosari dan Karangploso. Terakhir, akses menuju ke Kabupaten Lumajang melalui Kecamatan Ampelgading dan jembatan Gladak Perak yang baru selesai dibangun juga diprediksi akan cukup ramai.

“Mudah-mudahan dengan adanya penambahan ini, mudik lebih aman, masyarakat lebih terlayani, dan arus lalu lintas bisa cepat kita urai apabila terjadi kepadatan atau kemacetan,” ujar Kholis.

Berikut adalah 12 pos yang didirikan untuk pengamanan libur Lebaran 2023:

  1. Pos Pelayanan (Pos Yan) Karanglo di simpang empat Karanglo, Kecamatan Singosari
  2. Pos Pengamanan (Pos Pam) Lawang di Pasar Lawang, Kecamatan Lawang
  3. Pos Pam Kepuharjo di Jalan Kepuharjo, Kecamatan Karangploso
  4. Pos Pam Pakis di simpang empat Bunut Wetan, Kecamatan Pakis
  5. Pos Pam Tumpang di Pasar Tumpang, Kecamatan Tumpang
  6. Pos Pam Kepanjen, di simpang tiga Jalibar, Kecamatan Kepanjen
  7. Pos Pam Slorok Kromengan, di depan Masjid Nurul Hidayah, Kecamatan Kromengan
  8. Pos Pam Dampit di Kantor Pos Dampit, Kecamatan Dampit
  9. Pos Pam Bantur di simpang tiga JLS, Kecamatan Bantur
  10. Pos Pantau Kebonagung di Jalan Raya Kebonagung, Kecamatan Pakisaji
  11. Pos Pantau Kendalpayak di simpang tiga Kendalpayak, Kecamatan Pakisaji
  12. Pos Pantau Karangkates di Pos Lantas Karangkates, Kecamatan Sumberpucung. (ptu/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?