Kenapa Warteg di Kota Malang Identik dengan Warna Oranye

Warteg di Kota Malang berwarna oranye (blok-A.com/Defrico Alfan)

Kota Malang, blok-A.com – Warung Tegal selalu identik dengan warna oranye. Mulai dari warna warungnya, meja, hingga kursinya pun, dihiasi dengan warna oranye.

Karena penasaran, blok-A.com langsung menuju lapangan dan bertanya kepada salah satu pemilik Warung Tegal di Kota Malang.

Pemilik Warung Tegal, Maya (37) menceritakan kisah dibalik warna oranye yang khas, menempel sebagai karakter warteg itu sendiri.

Maya menjelaskan bahwa Kota Tegal identik dengan warna lautannya yang berwarna oranye, ataupun kebiru-biruan.

“Menurut nenek moyang, lautan Tegal itu berwarna oranye mas. Mungkin karena saat terbenamnya matahari ya,” ucap Maya pada Kamis (15/09/2022).

“Ada juga yang mengatakan bahwa oranye itu bisa melambangkan arti cerah kedepannya, jadi semua warteg berwarna oranye mas,” tambahnya.

Terlepas dari mitos ataupun fakta sebenarnya, warteg memang memiliki ciri khas tersendiri dari bentuk, hingga makanannya. Ditengah pembicaraannya dengan blok-A.com, ia sedikit menjelaskan makanan khas asli orang Tegal.

“Makanan khas Tegal itu pedas gurih mas, jadi saya selalu bawa rasa asli Tegal, ke Kota Malang sini,” tuturnya.

Melihat usahanya yang sudah bercabang satu, Maya selaku pemilik warteg memang memiliki darah sebagai penjual warteg. Pasalnya, orang tua hingga nenek moyangnya, dulu pernah merintis usaha Warung Tegal.

“Dari kecil saya belajar di warung milik keluarga, seperti paman saya. Ada yang di Depok, Bogor, Tangerang, hingga Merak, merupakan usaha warteg milik keluarga dan kerabat saya,” tuturnya.

Sebagai informasi, Maya bersama suaminya merintis usaha warteg sejak 2018 di Kota Malang. Wartegnya selalu dikunjungi oleh mahasiswa ataupun warga Kota Malang itu sendiri.
(mg1/rco)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?