Jelang Idul Adha, Stok Hewan Ternak di Banyuwangi Aman Tercukupi

Banyuwangi blok-a.com - Persiapan pasokan hewan kurban jelang Hari Raya Idhul Adha 1445 H/2024 M, di Kabupaten Banyuwangi
Hewan Kurban di Banyuwangi diperjualbelikan jelang Idul Adha (Blok-a/Kuryanto)

Banyuwangi blok-a.com – Pasokan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, di Kabupaten Banyuwangi dalam keadaan aman tercukupi.

Hal tersebut disampaikan Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Banyuwangi, drh. Nanang Sugiharto kepada awak media pada Selasa (4/6/2024).

Menurutnya, hewan kurban di Kabupaten Banyuwangi setiap tahunya selalu memiliki surplus yang menunjukan potensi besar dalam memenuhi kebutuhan lokal maupun regional.

Jumlah populasi sapi, kambing dan domba di Banyuwangi, pada tahun ini mencapai angka yang memadai.

“Saat ini jumlah sapi di Banyuwangi sebanyak 116.784 ekor, kambing 126.671 ekor, dan domba sebanyak 143.328 ekor,” ungkapnya.

Jumlah tersebut, selain mampu mencukupi kebutuhan hewan kurban masyrakat lokal, tetapi juga luar daerah.

Lebih lanjut drh. Nanang menjelaskan, untuk memastikan kondisi hewan kurban, pihaknya telah melakukan langkah-langkah preventif.

“Kami terus melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan bahwa hewan yang akan dikurbankan benar-benar dalam kondisi sehat dan layak,” paparnya.

Hewan yang dinyatakan telah memenuhi syarat, akan mendapatkan sertifikat dari Dispertan.

“Selain itu, kami juga telah melakukan pemeriksaan hewan kurban ke sejumlah pedagang besar yang berada di beberapa titik di Banyuwangi,” tegasnya.

Selanjutnya pada tanggal 11 juni, atau satu minggu jelang Idul Adha 2024, juga akan lakukan pemeriksaan pada hewan kurban pedagang musiman, yang biasanya berada di pinggir-pinggir jalan.

Langkah-langkah ini dilakukan oleh Dispertan Banyuwangi guna memberikan kepastian dan keamanan kualitas hewan kurban terbaik bagi masyarakat.

“Agar masyarakat dapat menjalankan ibadah kurban dengan lebih khusuk tenang,” tutup drh. Nanang Sugiharto. (kur/bob)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?