Ilustrasi.(iStock)
Ilustrasi.(iStock)

Gempa M 7,8 Guncang Pasifik Selatan, Berpotensi Tsunami di Sejumlah Wilayah

blok-a.comGempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,8 mengguncang negara-negara di kawasan Pasifik Selatan, Jumat (19/5/2023). Memicu peringatan tsunami untuk beberapa negara di kawasan itu, seperti Vanuatu, Fiji dan Kiribati.

Reuters melaporkan, gempa itu mengguncang area di sebelah tenggara Kepulauan Loyalty, yang ada di New Caledonia, wilayah Prancis di Pasifik Selatan.

Belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa itu.

Survei Geologi Amerika Serikat (AS) atau USGS menyebut gempa kuat itu berpusat di kedalaman 38 kilometer.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) menyatakan potensi tsunami dirilis untuk wilayah Vanuatu, Fiji dan New Caledonia.

Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS juga merilis peringatan tsunami untuk pantai-pantai yang berjarak 1.000 kilometer dari pusat gempa, yang ada di antara Fiji, Vanuatu dan New Caledonia.

Dikatakan, gelombang tsunami dengan ketinggian mencapai 1 meter mungkin terjadi di sepanjang pantai di wilayah Vanuatu.

Sedangkan gelombang yang lebih kecil, atau kurang dari 0,3 meter, diperkirakan akan melanda wilayah Fiji, Kiribati dan Kepulauan Kermadec.

Terpisah, Badan Manajemen Darurat Hawaii menyatakan tidak ada ancaman tsunami untuk wilayahnya.

Biro Meteorologi Australia menyatakan ada ancaman tsunami untuk Pulau Lord Howe yang terletak di seberang pantai timur negara itu.

Sementara, Selandia Baru menyatakan masih melakukan penilaian apakah gempa kuat itu berpotensi memicu tsunami terhadap pantai-pantai di negara itu.

Menurut USGS, kawasan Pasifik Selatan merupakan salah satu wilayah yang paling aktif secara seismik di duna karena tingginya tingkat konvergensi lempeng tektonik Australia dan Pasifik yang terus menerus saling mendorong.(lio)