Dalai Lama Tuai Kontroversi Usai Minta Bocah Cium Bibir dan Hisap Lidahnya

dalai lama
Tangkapan layar video saat Dalai Lama mencium bibir seorang bocah laki-laki

Blok-a.com – Pemimpin agama Buddha Tibet, Dalai Lama Tenzin Gyatso, baru-baru ini menjadi sorotan publik usai dirinya terekam video meminta seorang bocah untuk mencium bibir dan menghisap lidahnya.

Tindakan yang dianggap melecehkan bocah laki-laki itu terekam dalam sebuah video dan kemudian beredar di media sosial.

“Peringatan pemicu Pedofilia, Dalai Lama memanggil seorang bocah lelaki, menciumnya di bibir, meminta ciuman lidah juga. Juga, perhatikan di mana dia memegang tangan anak laki-laki itu. Ini menjijikkan dan tampaknya merupakan kasus penganiayaan anak,” tulis salah satu akun yang mengunggah video tersebut.

Dalam video yang beredar, terlihat seorang bocah laki-laki berbaju kuning tengah menghampiri dan berbicara di depan Dalai Lama.

Dalai Lama kemudian meminta bocah itu mendekat dan memeluknya. Usai memeluk, keduanya sempat terlihat berbincang-bincang sebentar.

Tak lama kemudian, Dalai Lama memegang tangan bocah itu dan menyodorkan bibirnya seolah meminta ciuman. Dalai Lama lalu mencium bibir bocah tersebut. Tak hanya meminta ciuman, Dalai Lama bahkan menjulurkan lidahnya seakan meminta untuk dihisap.

Aksi itu lantas memicu kecaman dari netizen. Beberapa netizen menyebut tindakan itu bentuk dari pelecehan seksual anak dibawah umur.

Usai video itu beredar di media sosial, Dalai Lama pun meminta maaf. Melalui media sosial resminya, Dalai Lama mengaku menyesali peristiwa tersebut.

“sebuah video beredar menunjukkan seorang bocah lelaki meminta kepada Yang Mulia Dalai Lama untuk memeluk beliau. Yang Mulia mohon maaf kepada anak kecil ini serta keluarganya, juga kepada seluruh sahabat di seantero dunia, yang mungkin terluka karena perbuatan beliau. Yang Mulia kerap jahil kepada siapa saja yang ditemuinya, secara polos dan penuh canda, baik di depan publik maupun di balik kamera. Beliau menyesali insiden ini,” demikian pernyataan Dalai Lama di situs resminya.(hen)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?