Citroen DS-21 73, Mobil Hidrolik Super Canggih Punya Museum Angkut

Mobil Hidrolik
Mobil Hidrolik - foto: Aga

KOTA BATU – Kendaraan-kendaraan unik di Museum Angkut memang sangat beragam. Di zona Eropa, tepatnya di area Prancis, ada Citroen DS-21 keluaran tahun 1973.

“Keunikan mobil ini, kalau sedang parkir ban belakangnya tertutup body. Kalau menyala, nanti mobilnya naik sendiri karna dilengkapi sistem hidrolik,” tutur Indri, Guest Relation Officer Museum Angkut.

Mobil keluaran Prancis di tahun 1973 ini memiliki kapasitas mesin 2175 CC dengan panjang 4,9 meter, lebar 1,8 meter dan tinggi 1,3 meter.

Salah satu alasan lain mengapa mobil ini dianggap canggih sekali pada zamannya adalah sistem pengeremannya yang sudah menggunakan cakram. Padahal, mobil lain di zaman itu masih menggunakan drum brake.

Pada zamannya, Citroen DS ini digunakan oleh kalangan elit sebagai kendaraan sehari-hari. Mobil ini juga menjadi ikon Citroen terbaik sepanjang masa. Pada saat rilis, mobil ini terjual langsung sebanyak 25.000 unit!

Citroen DS-21 tahun 1973 merupakan pioner dalam bidang suspensi canggih untuk dunia otomotif mobil di dunia. Untuk di zamannya, mobil ini termasuk sangat canggih dan memiliki mesin yang sudah maju dibanding keluaran seangkatannya.

Sports Car Magazine juga pernah menobatkan Citroen seri DS ini sebagai mobil tercantik di dunia lho!

Citroen DS terkenal di zamannya karena menggunakan sistem Hydropneumatic Suspension, yakni sistem suspensi mobil yang sangat nyaman bagi pengendaranya di zaman itu.

Di Museum Angkut, Citroen DS diletakkan di area Prancis. Pengunjung yang datang akan merasakan nuansa kota Paris yang indah dan romantis.

Penasaran dengan sosok mobil Citroen DS-21 ini? Buruan ke Museum Angkut!

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?