Binturong Si Musang Berkumis Koleksi Batu Secret Zoo, Bisa Keluarkan Aroma Popcorn!

Binturong Koleksi Batu Secret Zoo Jatim Park 2
Binturong Koleksi Batu Secret Zoo Jatim Park 2

KOTA BATU – Jika berjalan-jalan ke Batu Secret Zoo di Jatim Park 2, jangan lupa untuk berfoto dengan satwa-satwanya. Salah satu satwa yang bisa diajak berfoto adalah si musang malas, binturong.

Binturong atau binturung merupakan jenis musang bertubuh besar yang berasal dari suku Viverridae. Beberapa dialek Melayu menyebutnya binturong, menturung atau menturun.

Satwa karnivora dengan nama latin arctictis binturong ini memiliki bulu hitam lebat dan punya wajah mirip beruang. Ekornya panjang serta berkumis lebat seperti kucing. Jadi, perawakannya mirip gabungan antara beruang dan kucing.

Ekor berambut lebat dan panjang, terutama di bagian mendekati pangkal, sehingga membuat binturong tampak gemuk. Ekor binturong dapat digunakan untuk berpegangan pada dahan sebagai ‘kaki kelima’ lho!

Binturong aktif di malam hari di atas pepohonan (arboreal) atau juga turun ke tanah (terestrial). Kadang-kadang ada juga yang bangun dan aktif di siang hari.

Meski termasuk satwa karnivora, makanan utama binturong adalah buah-buahan masak di hutan. Mereka juga memakan pucuk dan daun-daun tumbuhan, telur, dan hewan-hewan kecil semisal burung dan hewan pengerat.

Binturong bisa mengeluarkan semacam bau unik dari kelenjar di bawah pangkal ekornya. Bau ini digunakan untuk menandai wilayah kekuasaannya. Binturong jantan mengeluarkan bau yang lebih kuat dibandingkan betina. Bau yang dikeluarkan mirip seperti aroma popcorn.

Hewan ini menyebar luas mulai dari dataran tinggi Sikkim hingga ke Tiongkok selatan, Burma, Indochina, Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Palawan.

Binturong masuk dalam daftar hewan dengan status vulnerable atau rentan akibat adanya penurunan jumlah populasi yang diperkirakan lebih dari 30 persdn selama 18 tahun terakhir oleh Red List IUCN (tiga generasi). Di Indonesia, binturong adalah satwa yang dilindungi yang diatur dalam UU no. 7 tahun 1999.

Di Batu Secret Zoo Jatim Park 2, letak spot foto dengan binturong terdapat tepat sebelum exhibit giant ant-eater. Anda dapat berfoto sepuasnya dan menyumbang uang seikhlasnya. Tenang saja, binturong ini sangat ramah dengan pengunjung kok!

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?